10 Jenis Fotografi Populer, Cek Di sini!

Sebagian besar fotografer hanya memilih untuk fokus pada satu atau dua genre fotografi saja.  Padahal bereksperimen dan mempelajari jenis fotografi lainnya dapat memperluas keterampilan kamu membidik sebuah objek, loh. Akan sangat berguna bagi kamu ketika memahami berbagai genre fotografi saat ingin mendalami bidang ini. 

Apa itu Fotografi?

Fotografi adalah salah satu karya seni menangkap cahaya dengan sebuah kamera, melalui sensor digital atau film sehingga menghasilkan sebuah gambar. Bahkan dengan bantuan kamera yang tepat, kamu bisa menangkap gelombang cahaya yang tak kasatmata manusia.

Jenis Fotografi Yang Populer

Di bawah ini merupakan beberapa jenis fotografi yang populer saat ini, antara lain:

Food Photography

Salah satu jenis fotografi yang mulai banyak peminatnya adalah food fotografi. Sebagai cabang seni fotografi, pelaku industri kuliner, rumah produksi, hingga periklanan banyak yang membutuhkan genre ini.

Tugas utamanya adalah memotret produk makanan sehingga dapat tergambar lebih lezat dan menggugah selera makan. Fotografer yang fokus menekuni genre ini harus lebih peka dan mampu menonjolkan ciri terbaik dari sebuah makanan.

Human Interest Photography

Sesuai dengan namanya, genre ini merupakan jenis fotografi human interest, yang menggunakan manusia sebagai objek utama. Seorang fotografer tidak hanya menampilkan sosok model saja, tetapi juga sisi kehidupan serta interaksi manusia dengan lingkungan.

Landscape Photography

Lazimnya fotografer yang memilih genre landscape photography mempunyai hobi traveling dan rajin mengabadikan pemandangan indah di sekitarnya. Dengan kepiawaian membidik pemandangan alam, maka hasil jepretan pun terlihat nyata.

Portrait Photography

Fotografi portrait adalah salah satu genre yang banyak dipilih oleh pemula. Fokus fotografer pada genre ini adalah memotret wajah seseorang, dan menangkap sisi serta karakternya.

Fashion Photography

Jika fotografi makanan hanya fokus memotret seputar produk kuliner, maka fashion photography lebih condong ke barang-barang fashion. Seperti halnya food photography, perusahaan iklan sering mencari fotografer yang memilih genre ini.

Terlebih lagi, dunia fashion saat ini menduduki posisi tertinggi di dunia. Oleh karena itu, perusahaan fashion berlomba untuk merogoh kocek dan mendapatkan fotografer profesional yang handal.

Stage Photography

Salah satu jenis fotografi lainnya adalah stage photography (fotografi panggung). Tugas utama fotografer panggung adalah merekam semua aktivitas selama pertunjukan panggung berlangsung.  Beberapa kegiatan yang membutuhkan fotografer panggung adalah pesulap, pertunjukkan seni tari, serta beberapa pertunjukkan panggung lain.

Fotografi Seni Rupa

Fotografi seni rupa kerap disebut fotografi seni, berfokus pada hasil khusus  yang mempunyai nilai estetika dan bertujuan menyampaikan intensitas atau emosi. Kebanyakan hasil fotografer seni dipamerkan  di galeri seni atau museum.

Fotografi Jurnalistik

Jenis fotografi berikutnya adalah Jurnalistik. Untuk menjadi bagian dalam fotografi jurnalistik, kamu harus mengikuti pelatihan secara formal terlebih dahulu. Namun, beberapa orang yang memilih genre ini umumnya mereka yang sudah ahli fotografer. Mengapa demikian? Karena terkait dengan hasil jepretan harus mempertahankan keaslian dari kejadian di lapangan yang sesungguhnya.

Salah satu jenis fotografi jurnalistik adalah selebriti fotografi. Seseorang yang terjun menjadi selebriti fotografi harus memotret dalam berbagai fungsi, saat konferensi pers hingga menangkap objek foto secara diam-diam (paparazzi).

Street Photography

Selain beberapa jenis di atas, ada pula street photography yang menjadikan jalanan sebagai objeknya. Pada genre ini, seorang fotografer akan menampilkan hasil yang sesungguhnya terjadi di jalan raya secara spontan.

Itulah beberapa jenis fotografi yang bisa kamu tekuni. Kira-kira, kamu akan lebih condong tertarik genre yang mana?