10 Macam Software Desain Grafis Terpopuler

Ada beberapa software desain grafis yang bisa membantu pekerjaan mendesain kamu menjadi lebih mudah. Mulai dari yang berbayar hingga software desain grafis gratis. Berikut 10 macam-macam software desain grafis dan fungsinyar di tahun 2022.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain gambar yang cukup terkenal. Software ini merupakan andalan para desainer grafis. Kamu bisa menggunakan Photoshop untuk membuat logo atau banner. Selain itu, ada banyak tools yang memudahkanmu memanipulasi foto.

Software Photoshop cukup mudah mengaplikasikannya, terlebih lagi banyak tutorial di channel Youtube. Jadi, bukan hanya kalangan profesional yang menggunakan Photoshop, tetapi juga mereka yang pemula.

Corel Draw

Software yang selanjutnya adalah Corel Draw.  Di sini, Corel Draw mempunyai tujuan yang tidak jauh berbeda dari photoshop. Tapi dari segi kegunaan Corel Draw lebih banyak dimanfaatkan untuk membuat logo, poster atau karya visual lainnya.

Kebanyakan Corel Draw lebih cenderung mengarah pada gambar dengan basis vektor.

Adobe InDesign

Dari perusahaan yang sama, Adobe Indesign bisa kamu gunakan untuk mendesain layout tabloid atau koran.

Salah satu fungsi software ini terletak pada layout serta media detak. Software ini juga mempunyai fitur yang membuat gambar menjadi blur dan terlihat transparan. Tapi jangan kuatir, karena Adobe InDesign mempunyai keunggulan dalam import file, misalnya JPG, doc dan psd.

Adobe Illustrator

Kurang lebih, Adobe Illustrator mempunyai kemampuan yang sama dengan Corel Draw. Software ini merupakan gabungan dari Corel Draw dan Photoshop.

Karena software ini dapat menghasilkan objek gambar dengan resolusi tinggi, serta didukung dengan fitur-fitur Corel Draw yang ada. Di samping itu, color palette di software ini lebih lengkap sehingga kamu bisa bermain gradasi warna.

Inkscape

Inkscape merupakan salah satu software desain grafis gratis yang dapat membantu para desainer membuat sebuah desain visual. Tools yang terdapat dalam software ini lebih mudah dan berbentuk vektor. Sehingga bagi pemula, software yang satu ini cukup menarik dan mudah.

Sketch

Sketch adalah aplikasi desain grafis yang khusus untuk perangkat MacOs. Sebagai desain digital, kamu dapat menggunakan Sketch untuk mendesain aplikasi mobile, website atau UI.   Software ini merupakan aplikasi pengganti yang cukup mengagumkan.

Canva

Canva merupakan salah satu platform yang gampang dan berkualitas profesional. Di software ini, kamu akan melihat banyak template , ribuan grafis, huruf dan gambar. Tidak hanya versi aplikasi smartphone,  Canva juga hadir sebagai software laptop atau PC.

Affinity Designer

Affinity designer merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang cocok digunakan  untuk membuat desain logo, ikon, UI atau mockup. Di sini, terdapat fitur yang memudahkanmu. Apabila kamu sudah terbiasa menggunakan software Photoshop maka tidak akan sulit jika harus menggunakan Affinity designer.

GIMP

Apabila kamu sedang mencari alternatif dari Photoshop, maka GIMP adalah jawabannya. GIMP merupakan software desain grafis yang layak kamu coba. Perangkat ini dapat kamu unduh di Linux, OS linux dan  Windows. Interfacenya sekilas mirip dengan Adobe Photoshop.

PIXLR

Software lain yang patut kamu coba adalah Pixlr. Salah satu fitur yang paling menonjol dari Pixlr adalah hapus latar belakang. Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini adalah fungsinya yang dapat membuat atau mengedit gambar.

Akhir Kata

Demikianlah 10 software desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain. Masing-masing software mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya, pelajari salah satu perangkat lunak hingga mahir, kemudian barulah pindah naik level. Semoga ulasan di atas bermanfaat.