11 Peralatan yang Harus Dimiliki Jasa Foto Pernikahan

Bagi Anda yang ingin membangun jasa foto pernikahan pemula, pastikan untuk menyiapkan beberapa peralatan yang wajib dan umum bagi fotografer wedding. Dengan memiliki semua peralatan itu, hasil foto pernikahan pun akan terlihat mempesona dan keren.

Berikut beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh jasa foto pernikahan, yaitu:

1. Kamera Utama dan Kamera Cadangan

Anda harus menyiapkan dua kamera yang digunakan untuk kamera utama dan cadangan. Jadi, jika kamera utama terdapat kendala atau sejenisnya, Anda masih bisa tetap memotret menggunakan kamera cadangan.

2. Lensa Tele

Lensa tele dibutuhkan oleh fotografer pernikahan untuk memotret gambar dari kejauhan, misalnya saat moment ceremonial. Sebab, kebanyakan fotografer akan berdiri di sisi samping atau depan stage dengan jarak cukup jauh. Sehingga, untuk mendapatkan gambar bagus, lensa tele 70 - 200 mm sangat dibutuhkan.

3. Lensa Zoom Medium Class

Lensa 24 - 70 f2.8 menjadi pilihan yang tepat karena focal length dari lensa ini sangat pas untuk foto wedding. Sebab, jenis lensa ini menawarkan fitur wide serta perspektif yang terlihat tajam.

4. Flash Speedlight

Jika Anda diminta untuk memotret acara pernikahan yang diselenggarakan pada malam hari, maka gunakan flash speedlight untuk hasil optimal. Sehingga, hasil foto akan terlihat menarik dengan nuansa gelap dan samar.

5. Lensa Wide dan Lensa Fix

Walaupun kedua peralatan ini tidak termasuk perlengkapan wajib jasa foto pernikahan, tapi jika Anda membawanya, maka akan menguntungkan untuk hasil fotonya nanti.

Lensa wide akan membantu Anda untuk mendapatkan foto dengan suasana pesta yang detail. Sementara lensa fix akan membuat Anda dapat mengambil gambar di tempat yang kurang pencahayaan dengan baik.

6. Tripod dan Light Stand

Tripod dapat membantu fotografer untuk mengabadikan momen dengan slow shutter serta menjaga kestabilan gambar. Sementara light stand akan membantu untuk menempatkan flash eksternal serta mempermudah Anda dalam mengatur pencahayaan.

7. Memory Card dan Baterai

Seorang jasa foto pernikahan yang sedang bertugas tidak boleh lupa untuk membawa memory card dan baterai. Sebab, seorang fotografer wedding harus memiliki memory card sebesar 50 - 60 GB serta baterai yang terisi penuh supaya tidak terhambat saat sedang bekerja.

8. Umbrella dan Strobist

Apabila Anda membutuhkan power cahaya yang lebih kuat dari flash speedlight untuk area objek foto luas, atau membutuhkan cahaya lebih untuk mengambil banyak orang, maka umbrella dan strobist wajib Anda bawa.

9. Flash Diffuser

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengatur pencahayaan, maka menggunakan flash diffuser bisa menjadi pilihan. Sebab, alat ini akan membantu menyebarkan cahaya, sehingga membuat gambar terlihat lebih soft.

10. Cleaning Kit dan Lens Hood

Lens hood berguna untuk menjaga foto tetap soft dari cahaya berlebih yang masuk dari sisi samping lensa. Sementara cleaning kit wajib Anda bawa untuk membersihkan lensa supaya tidak mudah kotor dan hasil jepretannya tetap menarik.

11. Tas Kamera

Anda juga wajib menyiapkan tas kamera untuk menyimpan berbagai peralatan yang akan Anda bawa saat bekerja menjadi jasa foto pernikahan. Sehingga, semua peralatan foto bisa disimpan dalam satu tempat dan Anda tidak kesulitan mencari kebutuhan pemotretan yang akan digunakan.

Itulah beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh jasa foto pernikahan. Jika Anda ingin mencoba menggunakan jasa foto wedding di hari pernikahan, maka bisa coba hubungi Onlyimage. Dijamin, hasilnya pasti memuaskan dan membuat momen indah Anda menjadi tidak mudah untuk dilupakan.