3 Tips untuk Membuat Fotografi Hitam Putih yang Mempesona

Fotografi hitam putih punya kualitas klasik yang abadi. Sebuah gambar hitam dan putih bisa mencolok, menarik, mempesona, dan unik. Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk memvisualisasikan dan membuat gambar hitam putih yang menakjubkan?

Dasar-dasar fotografi memang cukup membawamu menjadi fotografer yang mumpuni. Namun, ada beberapa teknik tambahan yang akan membantu dalam mencapai hasil foto BW yang luar biasa dengan cepat. Dalam panduan untuk pemula ini, kamu akan belajar cara untuk mulai membuat foto hitam putih yang berkualitas.

1. Fokus Pada Komposisi

Fotografi hitam putih dapat menghilangkan gangguan warna dan membantu audiens fokus pada aspek lain dari foto, seperti subjek, tekstur, bentuk dan pola, serta komposisi. Jadi, kamu dapat menggunakan semua teknik komposisi termasuk rule of third yang bisa kamu gunakan dalam fotografi warna.

2. Cari Kontras

Saat kamu memotret, pikirkan tentang kontras atau perbedaan antara nada terang dan gelap dalam pemandangan. Selanjutnya, kontras dapat ditemukan di banyak tempat. Jadi, mari kita lihat beberapa di antaranya.

- Lihat Bayangan, Pola, Tekstur, & Garis

Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan dalam membuat gambar hitam putih yang bagus adalah melatih mata untuk mencari bayangan, pola, tekstur, dan garis. Sebagai seorang fotografer, kamu memang harus memahami hal-hal ini,  terlebih lagi saat mengambil foto hitam putih.

- Bidik Dalam Warna Kemudian Ubah Menjadi Hitam & Putih

Dengan memotret dalam warna (pengaturan default pada kamera), kamu dapat mempertahankan semua warna asli dan alami dari bidikan. Jadi, kamu akan memiliki versi warna asli. Kemudian, kamu dapat mengubahnya menjadi hitam putih selama proses pengeditan. Memotret dalam warna memberikan opsi yang tidak akan kamu miliki jika memulainya dalam mode hitam putih.

Hal ini mungkin terdengar seperti pekerjaan yang rumit, padahal sebenarnya tidak. Kamu hanya perlu melakukan pengeditan pada gambar setelah mengambilnya. Lebih daripada itu, dengan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa mengkonversi gambar menjadi hitam putih hanya dalam satu klik saja.

- Latih Mata

Setelah kamu melatih mata untuk melihat dalam hitam putih, kualitas fotografi hitam putih pasti akan meningkat pesat. Latihan ini juga akan memudahkan untuk mengidentifikasi situasi yang cocok saat mengerjakan fotografi hitam putih.

- Street Photography

Meskipun fotografi hitam putih dapat diterapkan dalam pengaturan apa pun, street photography dapat menjadi pilihan yang efektif.

Jenis foto ini melibatkan pengambilan gambar kondisi manusia di tempat umum. Meskipun "kondisi manusia" dapat kamu maknai dalam berbagai cara, gambar hitam putih tampaknya lebih berhasil dalam menangkap suasana jalanan dan orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya.

3. Mengedit Foto Hitam Putih

Kamu dapat memotret dalam hitam putih, atau mengubah foto berwarna menjadi hitam putih. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat gambar hitam putih menjadi lebih baik lagi. Kamu bisa melakukannya dengan perangkat lunak pengedit foto favorit.

- Atur Kontras

Dengan meningkatkan kontras dan mengurangi kecerahan, kamu semakin menyempurnakan perbedaan nada terang dan gelap pada gambar.

- Gunakan Aplikasi

Jika kamu suka mengedit dengan ponsel, ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hasil optimal. Beberapa aplikasi ini akan memberikan banyak kendali. Jadi, kamu tidak hanya dapat meluruskan dan memotong gambar. Namun, kamu juga dapat menyesuaikan sorotan, nada tengah, bayangan, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Fotografi hitam putih adalah bentuk seni abadi yang dapat kamu pelajari, praktikkan, dan sukai dengan sangat cepat. Mulailah dengan dasar-dasar komposisi, seperti rule of third, dan kamu akan siap untuk mengambil foto hitam putih yang bagus.