4 Cara Desain Logo Yang Benar

Seperti yang kamu ketahui, logo merupakan entitas yang menjadi jati diri dan elemen penting bagi sebuah bisnis. Membuat logo tak boleh sembarangan , karena berhubungan dengan nama baik perusahaan. Logo hanya berupa gambar atau sketsa, namun maknanya begitu dalam bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, desain logo tidak boleh dibuat dengan sembarangan.  Nah, berikut ini adalah cara desain logo bagi pemula.

Pengertian Logo

Logo adalah sketsa gambar yang bermakna. Dan secara umum, logo menjadi entitas dari sebuah perusahaan, organisasi, komunitas hingga negara. Logo harus mempunyai ciri tertentu yang berbeda dengan lainnya. Biasanya logo juga mempunyai filosofi tertentu.

Pada mulanya logo hanya dibuat satu elemen saja. Namun, seiring perkembangannya, bentuk logo lebih kreatif karena menggabungkan berbagai elemen, gambar dan sketsa.

Fungsi Logo

Logo berfungsi menggambarkan identitas diri untuk menghindari pembajakan, selain itu, logo juga mempunyai fungsi yang lain, yaitu :

- Sebagai identitas dari perusahaan. Logo harus menggambarkan karakteristik perusahaan atau organisasi. Sehingga masyarakat dapat mudah mengingat serta mengenali perusahaan.

- Logo juga mempunyai fungsi untuk menyampaikan citra yang positif.

- Persuasif, di mana logo akan memberikan kesan yang baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

- Sebagai media untuk promosi

Cara Desain Logo Yang Baik

Zaman dulu, orang harus menyewa jasa pembuat logo profesional. Kini kamu pun bisa membuat logo sendiri, loh. Karena banyak aplikasi gratis yang berfungsi untuk membuat logo secara online. Sebelum membuat sebuah logo, perhatikan cara desain logo berikut ini :

- Pahami Karakter Logo Terlebih Dahulu

Ingat, logo bukan sekadar goresan elemen desain grafis. Tetapi ada makna tertentu yang menggambarkan entitas perusahaan. Jadi, yang pertama harus kamu lakukan adalah makna di balik logo itu sendiri.

- Pembuatan Logo Harus Sesuai Dengan Tujuannya

Penting sekali memperhatikan tujuan dari pembuatan logo. Apabila kamu ingin membuat logo untuk kalangan anak-anak, maka buat logo dengan bentuk bervariasi dan berwarna-warni.

- Membuat Logo Sesuai Dengan Konsep Perusahaan

Setelah mengetahui tujuan pembuatan logo, maka kamu bisa memulai mencari inspirasi yang sesuai dengan konsep perusahaan.

- Buat Logo Yang Unik, Dan Sederhana

Logo mempunyai ciri khusus yang berbeda antara satu perusahaan dengan lainnya.  Oleh karena itu pembuatan logo harus unik,  namun tidak terlalu

Aplikasi Untuk Membuat Logo

Berikut adalah aplikasi untuk membuat logo  online dan gratis, antara lain :

Canva

Aplikasi pertama adalah canva.  Software ini mempunyai beragam template yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo dan proyek lainnya. Di sini kamu bisa membuat desain logo keren.

FreeLogo Design

Software ini mempunyai lebih dari 1000 template yang mudah kamu aplikasikan. Kamu cukup mengetikkan nama perusahaan, kemudian klik “Get Started”, selanjutnya tinggal memilih logo yang telah direkomendasikan. Kamu bisa menambahkan teks, ikon atau template lainnya.

Untuk paket desain logo gratis, resolusi yang ada hanya 200x200. Sedangkan yang berbayar kamu mendapatkan pilihan resolusi yang lebih tinggi.

LogoMakr

Untuk membuat desain logo keren, kamu bisa menggunakan software LogoMakr yang mempunyai tools dasar. Sehingga bagi pemula, software ini cukup recommended. Sayangnya aplikasi untuk membuat logo di sini berbayar, sebesar 19 USD.

Logo Maker

Logo Maker adalah aplikasi pembuat logo di HP.  Cara membuat logo di hp jadi lebih mudah dan praktis karena banyak template dan pilihan elemen grafis yang keren.

Kesimpulan

Bagaimana ulasan tentang cara desain logo di atas? Sudah mempunyai gambaran akan membuat logo seperti apa? Yang perlu kamu garis bawahi, logo adalah elemen penting bagi perusahaan. Jadi, buatlah logo yang keren, unik, desain dinamis yang sederhana agar mudah diingat. Semoga bermanfaat.