5 Teknik Fotografi Ini Wajib Dikuasai Pemula

Profesi sebagai fotografer belakangan mulai marak dilirik generasi milenial. Tak hanya mengambil gambar model manusia saja, kini banyak fotografer yang memberi layanan jasa memotret produk untuk keperluan marketing. Tertarik menjajal dunia fotografi? Sebagai fotografer pemula, kuasai 5 teknik-teknik fotografi berikut agar dapat memberikan layanan terbaik dan berkualitas.

Pengertian Teknik Fotografi

Berdasarkan KBBI, fotografi berarti sebuah seni penghasil gambar dan cahaya dalam film yang dipekakan.  Sedangkan menurut Wikipedia, kata fotografi berasal dari bahasa yunani di mana photo berarti cahaya dan grafo artinya menulis atau melukis. Dengan demikian, fotografi dapat berarti sesuatu hasil karya seni yang menggunakan media cahaya. 

Dalam fotografi sendiri terdapat beberapa teknik yang wajib kamu kuasai, agar mendapatkan hasil yang berkualitas serta memuaskan. Tidak hanya asal jepret, tetapi ada teknik pengambilan gambar yang menjadi kunci kesuksesan sebuah karya seni foto.  

Teknik Dasar Fotografi

Ada beberapa teknik-teknik dasar fotografi yang perlu kamu pelajari dan kuasai sebelum benar-benar terjun sebagai fotografer profesional.

Teknik Zooming

Pertama adalah teknik zooming. Teknik ini membantu objek terlihat lebih jelas, namun background akan blur/ tampak kabur. Tujuan dari teknik zooming adalah untuk mempertegas objek gambar.

Teknik ini  tidak boleh menggunakan kecepatan rana  yang lebih dari 1/30 detik, agar dapat memberikan kesan gambar bergerak. Untuk hasil lebih baik, kamu bisa menggunakan tripod.

Teknik Field Of View

Teknik dasar fotografi selanjutnya adalah Field of View, yang memperhatikan komposisi gambar berdasar pada jarak lensa ke objek. Jadi, kamu dapat memotret subjek dari jarak yang sangat dekat, dekat hingga jauh sekali. Berbagai macam teknik field of view, antara lain:

  • Extreme Close Up

Merupakan salah satu teknik pengambilan gambar dari jarak yang sangat dekat, sehingga tekstur objek menjadi terlihat jelas

  • Head Shot

Teknik ini dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar sebatas kepala hingga dagu.

  • Close Up

Istilah close up memang terdengar familiar, bukan? Yup, teknik pengambilan gambar close up hanya fokus pada bagian kepala hingga bahu saja.

  • Medium Close Up

Batas dari komposisi ini yaitu bagian kepala hingga sekitar dada saja.

  • Long Shot

Nah, jika kamu ingin mengambil gambar keseluruhan objek tanpa terpotong frame, maka cocok menggunakan teknik long shot. Teknik ini lebih fokus pada subjek utama tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

  • Extreme Long Shot

Teknik pengambilan gambar ini mencakup keseluruhan area termasuk elemen di sekitar objek. Sehingga objek manusia akan terlihat kecil.

Teknik Long Exposure

Salah satu teknik yang wajib kamu kuasai adalah long exposure. Teknik ini akan menghasilkan efek dramatis padahal objek foto biasa saja. Pada saat menggunakan teknik ini, maka biarkan shutter terbuka cukup lama, agar warna cahaya tertangkap kamera. Dengan demikian memudahkan kamu untuk mengikuti arah  geraknya cahaya.

Teknik Foto Framing

Berikutnya adalah teknik fotografi framing. Komposisi framing artinya kamu bisa menggunakan benda apa saja untuk menjadi frame, sehingga menghasilkan foto yang berbeda dan tentu saja menarik.

Teknik Siluet

Salah satu teknik dasar fotografi yang menarik adalah siluet. Teknik ini memberikan kontras cahaya yang menarik antara gelap dan terang, seolah matahari terbenam. Untuk menghasilkan gambar siluet, ada trik khusus yang perlu kamu pahami. Bahkan, siluet menjadi salah satu teknik fotografi dengan HP yang bisa dilakukan oleh fotografer pemula sekalipun.

Demikianlah 5 teknik-teknik fotografi yang harus kamu kuasai agar hasil jepretan lebih memuaskan. Masih ada macam-macam teknik fotografi yang perlu kamu pelajari lagi lebih dalam. Jangan lelah untuk belajar dan memperbarui ilmu. Semoga membantu.