5 Jenis Fotografi Lanskap

Fotografi lanskap dikenal sebagai fotografi yang mengeksplorasi semua hal tentang pemandangan. Pemandangan yang dieksplorasi oleh fotografi ini ternyata bukan hanya pemandangan alam atau lingkungan. Terdapat jenis fotografi lanskap yang mampu menampilkan pemandangan urban perkotaan.

Bukan hanya itu, ada juga jenis foto lanskap yang mengeksplorasi sisi emosional dari manusia. Terdapat beberapa jenis foto lanskap yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah. Jenis foto lanskap tersebut memiliki ciri dan karakter yang unik dan berbeda walaupun semuanya menampilkan pemandangan.

Jenis Fotografi Lanskap Populer

Beda jenis foto lanskap akan memberikan kesan dan makna yang berbeda. Foto lanskap tidak selalu soal pemandangan alam layaknya di lukisan, tetapi juga bisa soal pemaknaan dan apresiasi terhadap kreasi manusia. Berikut adalah 5 jenis fotografi lanskap yang populer dan mudah ditemukan di sekeliling.

1. Lanskap Abstrak

Foto lanskap ternyata tidak harus selalu menampilkan panorama alam. Ada juga jenis foto lanskap berjenis abstrak. Ketika mendengar kata abstrak, umumnya yang muncul adalah sesuatu yang rupanya tidak jelas. Di sini, fotografi lanskap berjenis abstrak adalah fotografi yang menampilkan gedung dan area perkotaan.

Foto lanskap abstrak umumnya menampilkan gedung-gedung pencakar langit, pemandangan area perkotaan dari udara, dan area-area urban perkotaan yang kaya akan objek. Bentuk, garis, sudut, dan bangunan tinggi yang ada di sana memberikan banyak pilihan serta rangsangan untuk menjadi kreatif.

2. Lanskap Seascapes

Lanskap seascapes atau hamparan laut adalah fotografi lanskap yang menampilkan pemandangan di pantai, laut, dan bentang lautan yang luas. Eksplorasi mengenai isi atau hamparan laut memang diperlukan untuk menghasilkan lanskap seascapes yang mengesankan. Ada banyak objek yang bisa dilihat disana.

Objek-objek yang bisa dijelajahi adalah isi laut, aktivitas manusia di pantai, cuaca di pantai, bentang laut yang luas, infrastruktur di pantai, dan pertemuan antara daratan dan lautan. Jika dipotret dengan baik, lanskap hamparan laut dijamin menampilkan foto lanskap yang sangat mengesankan dan menakjubkan.

3. Lanskap Impresi

Jenis fotografi lanskap selanjutnya adalah lanskap impresi. Karakter utama dari fotografi lanskap adalah menampilkan kekayaan objek terutama lingkungan. Secara tradisional, foto lanskap akan menampilkan keadaan alam yang maknanya bisa dilihat langsung dan alam tersebut adalah objek utama dari fotografi.

Pada lanskap impresi, meskipun yang ditampilkan adalah panorama alam, makna yang ditampilkan bukanlah itu. Makna dari lanskap impresi ini memang subjektif dan menjangkau sisi emosional dari orang yang melihatnya. Impresi dan emosi yang keluar dari foto akan bergantung pada perspektif dari persepsi.

4. Lanskap Representasi

Lanskap representasi dapat dikatakan merupakan jenis foto lanskap yang paling umum. Sesuai dengan namanya, foto lanskap ini menampilkan apa yang ditampilkan tanpa ada makna tersirat, tersembunyi, dan tanpa harus menciptakan sesuatu dimana hanya orang yang memahami fotografi yang bisa mengerti.

Foto lanskap representasi sangat mudah ditemukan. Foto lanskap yang menampilkan panorama alam dimanapun, di gunung, hutan, bukit, dan kontur alam yang fantastis. Foto lanskap ini mengedepankan komposisi yang mantap, pencahayaan, waktu, dan cuaca. Subjek dalam foto sangat minimal (bukan fokus).

5. Lanskap Pedesaan

Area pedesaan memang selalu memberi decak kagum dan selalu ada sisi yang bisa diabadikan dan ditampilkan dengan mengesankan. Foto lanskap pedesaan menampilkan pemandangan alam di area pedesaan, contohnya persawahan, perkebunan, dan jalan desa. Kehadiran manusia dalam foto, minim.

Kelima jenis fotografi lanskap di atas merupakan jenis foto lanskap yang populer dan banyak diproduksi. Selain kelimanya ada juga jenis lain yang merupakan pengembangan dari jenis foto lanskap yang sudah ada, contohnya fotografi arsitektur, fotografi urban, fotografi dokumentasi, dan fotografi candid street.