6 Tips Belajar Teknik Fotografi Hp untuk Pemula

Kamu juga bisa mengambil gambar yang indah lewat HP asalkan tahu teknik fotografi hp. Terlebih lagi, hp masa kini sudah banyak yang punya fitur kamera advance. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli kamera DSLR hanya untuk menghasilkan foto terbaik.

Lalu, bagaimana teknik fotografi hp yang ampuh menghasilkan gambar bagus? Simak beberapa kiat berikut ini!

1. Mencari Spot Foto

Pertama-tama, kunci dari foto hp yang menawan adalah komposisi fotografi. Oleh karena itu, kamu harus mencari spot foto yang sesuai dengan tujuanmu ini. Dalam artian, carilah spot yang:

- Punya cahaya sesuai.

- Latar belakang menarik.

- Usahakan ada lebih banyak cahaya yang mengenai subjek daripada latar belakangnya.

2. Fitur Gridline

Biasanya, hp masa kini punya fitur gridline. Fitur ini akan memudahkanmu belajar fotografi smartphone. Terlebih lagi, saat kamu menyalakannya, fitur ini akan membuat garis-garis lurus di layar kamera. Garis-garis ini biasanya sudah sesuai dengan rule of thirds photography. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkannya saat mengambil gambar demi mendapatkan hasil foto terbaik.

3. Sudut Pengambilan Gambar

Kamu dapat menggunakan 3 sudut pengambilan gambar dengan menggunakan kamera hp. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai masing-masing sudut!

- Low Angle - teknik pengambilan foto dari bawah objek.

- High Angle - teknik pengambilan gambar dari atas objek.

- Eye level - teknik pengambilan gambar di mana posisi kamera setara dengan objek.

Ketiga angle tentu saja punya keunggulan yang berbeda. Misalnya saja, low angle akan membuat subjek terlihat lebih berwibawa, sementara high angle membuat subjek terkesan lebih langsing. Selanjutnya, eye level bagus untuk menunjukkan bagaimana subjek berinteraksi dengan sekitarnya.

4. Mengedit Foto dengan Hp

Meskipun banyak kamera hp yang sudah menawarkan fitur-fitur layaknya kamera fotografer, kamu masih perlu mengedit fotomu. Hal ini bisanya dilakukan supaya subjek tidak kelihatan pucat.

Perhatikan beberapa hal ini saat mengedit foto:

- Brightness

- Kontras

- Ketajaman

- Saturasi Warna

Kamu bisa mencoba-coba pengaturannya hingga mendapatkan hasil foto sesuai dengan keinginan.

5. Menggunakan Kamera Hp

Foto yang bagus sebenarnya tidak hanya dapat dihasilkan oleh kamera-kamera mahal. Jadi, jangan remehkan kamera hpmu! Pasalnya, foto berkualitas selalu datang dari fotografer yang memahami teknik fotografi dengan baik.

Alih-alih membeli kamera mirrorless, sebaiknya kamu harus berinvestasi terlebih dahulu pada pengetahuan fotografi. Ada baiknya mencari banyak sumber atau referensi untuk memelajari lebih lanjut bagaimana cara memanfaatkan hp untuk kebutuhan fotografi.

Selanjutnya, setelah kamu memahami teknik dan tata cara mengambil gambar lewat hp, kamu boleh membeli alat-alat tambahan untuk menambah kualitas fotomu. Terlebih lagi, kini sudah tersedia banyak lensa maupun lampu tambahan untuk fotografi dengan hp.

6. Belajar Terus

Tips terakhir yang perlu kamu ketahui dalam belajar fotografi adalah berlatih dan belajar secara terus menerus. Jangan khawatir bila hasil fotomu yang sekarang belum memuaskan. Namun, paculah dirimu untuk bersemangat mengejar kualitas foto yang terbaik.

Yakinlah, kamu bisa membuat foto yang memikat hanya lewat Hp. Oleh karena itu, jangan putus asa dan menyerah di tengah jalan. Teruslah mencari ilmu baru dan mengembangkan kreativitasmu saat mengambil gambar.

Ada banyak sekali teknik fotografi Hp yang bisa kamu gali lewat internet. Jadi, jangan menyerah dan tetap berjuang untuk menghasilkan yang terbaik! Terapkan 6 tips ini dan nikmatilah hasilnya! Selamat mencoba!