7 Cara Ambil Video Yang Bagus Hanya Modal HP, Begini Penjelasannya

Di era millennial seperti sekarang, HP menjadi item yang wajib dimiliki. Bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga menjadi gaya hidup. Fungsinya pun beralih, kini HP juga dijadikan sebagai alat untuk mengabadikan momen-momen penting. Bagaimana cara ambil video yang bagus hanya bermodal HP? Begini tips dan triknya.

Cara Ambil Video Yang Bagus

Hampir semua orang di dunia pernah merekam video melalui kamera HP. Namun tidak semuanya yang dapat mengambil video secara bagus. Ini dia cara shoot video cinematic hanya dari ponsel pintar kamu.

Gunakan Posisi Horizontal

Pasti di antara kamu sering mengunggah video dalam posisi vertikal/portrait bukan? Yup, posisi vertikal memang terlihat bagus saat diputar dari smartphone, namun hasilnya kurang indah ketika memutar video di perangkat lain.

Karena layar komputer atau televisi mempunyai tampilan horizontal atau landscape. Sehingga, jika merekam dalam posisi vertikal maka hasil video akan tampak sempit, kecil serta cakupannya kurang luas.

Jika kamu ingin mengunggah video ke channel Youtube, maka pastikan posisi mengambil gambarnya landscape.

Menggunakan Tripod

Cara kedua adalah memanfaatkan tripod, tujuannya agar gambar jauh lebih stabil, dan tak perlu lagi memegang dengan tangan. Ada beberapa jenis tripod di pasaran, seperti tripod dengan kaki yang dapat kamu lipat sesuai kebutuhan.  Ada pula tripod dengan kaki kecil yang cocok untuk di meja.

Hindari Menggunakan Zoom Digital

Cara merekam video di HP yang selanjutnya adalah menghindari ngezoom ketika proses mengambil gambar. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan kualitas gambar menjadi kurang tajam dan blur/ pecah.

Menggunakan Video Stabilizer

Beberapa orang lebih menyukai menggunakan kedua tangan saat mengambil video ketimbang memakai tripod. Jika kamu lebih menyukai hal tersebut, maka jangan lupa menggunakan aplikasi kamera anti getar, saat mengedit videonya. Stabilizer dapat meminimalisir hasil gambar yang bergetar.

Mengatur Resolusi Yang Pas

Pastikan kamu telah mengatur resolusi yang tinggi agar kualitas video lebih bagus, tajam serta jernih. Biasanya resolusi yang bagus adalah 1080p atau full HD, dan jika menginginkan lebih tinggi kamu bisa memilih yang beresolusi 4K.

Perhatikan Faktor Pencahayaan

Tips mengambil video berikutnya adalah pencahayaan. Untuk membuat sebuah video yang bagus, maka kamu juga harus memperhatikan pencahayaan. Sebagus apapun kamera smartphone yang kamu miliki, jika abai tentang hal ini maka hasilnya pun akan kurang maksimal.

Pencahayaan terbaik memang berasal dari sinar matahari, namun kamu tetap membutuhkan penerangan lain dari sumber cahaya lain. Misalnya menambahkan portable LED lights. Karena cahaya matahari tidak bersinar 24 jam bukan?

Hindari menggunakan lampu flash karena hasil video akan gelap pada bagian background.

Tambahkan Audio External

Untuk hasil audio yang lebih optimal maka gunakan mikrofon external. Tambahkan mikrofon yang langsung tersambung ke perangkat telepon. Mikrofon ini akan menangkap suara dengan baik dan outnya lebih jernih. Selain itu, kegunaan mikrofon ini juga mempermudah kamu pada saat proses editing. Kamu tidak perlu bersusah-susah mengurangi suara bising pada audio.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara ambil video yang bagus dengan perangkat HP android. Apalagi, saat ini hampir semua merek smartphone mempunyai kualitas hp video terbaik. Tinggal bagaimana cara kamu dalam proses pengambilan gambar Semoga tips dan trik di atas membantumu mendapatkan kualitas gambar yang terbaik ala profesional. Selamat mencoba.