7 Jenis-jenis Kamera Dan Fungsinya

Sebelum terjun ke dunia fotografi, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis kamera dan cara pemakaiannya. Karena zaman semakin maju, ada banyak jenis kamera yang mempunyai fungsi berbeda. Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini agar memudahkanmu memahaminya.

Jenis Kamera Dan Cara Pemakaiannya

Mengingat ada banyak jenis kamera yang tersebar di pasaran, maka perhatikan ulasan di bawah, agar tidak bingung.

Kamera DSLR

Digital Single Lens Reflex atau dikenal dengan nama DSLR merupakan salah satu jenis kamera digital yang cukup populer di pasaran. Fleksibilitas tinggi serta kualitas gambar yang bagus menjadi alasan banyak orang tertarik memilikinya. Mulai dari pemula atau profesional memilih kamera DSLR.

Perlu kamu ketahui bahwa kamera DSLR terdiri dari tiga kategori, yakni entry level, semi pro hingga pro. Semakin tinggi levelnya, maka semakin lengkap dan canggih fiturnya. Menariknya, kamera DSLR dilengkapi dengan lensa kit 18-55mm yang bisa kamu ganti dan lepas sesuai kebutuhan. Apabila kamu ingin memotret objek landscape maka bisa menggunakan lensa dengan sudut yang lebar. Sebaliknya, untuk memotret alam liar dan jaraknya cukup jauh, maka gunakan lensa tele.  Contoh jenis kamera DSLR yang laku di pasaran adalah Nikon D3400.  

Kamera SLR

Single Lens Reflex (SLR) adalah seri pendahulu dari DSLR. SLR merupakan salah satu jenis kamera analog dengan film 35mm. Meskipun demikian, saat ini nama kamera SLR kembali naik daun. Sebab, banyak orang yang kembali penasaran dengan hasil foto kamera manual ini.

Kekurangan kamera SLR adalah tidak bisa melihat hasil foto sebelum mencetak filmnya. Agar hasil tidak mengecewakan, maka sebelum menggunakan kamera analog, kamu harus mempunyai pengetahuan tentan teori fotografi, termasuk komposisinya.

Kamera Mirrorless

Mirrorless artinya kamera tersebut tidak mempunyai cermin atau pentaprisma. Sehingga cahaya akan langsung menuju sensor dan menampilkan pratinjau di layar LCD.

Ukurannya lebih kecil daripada kamera DSLR. Sehingga memberikan keuntungan sendiri, terutama bagi kamu yang hobi traveling. Terlebih lagi, interface pada kamera mirrorless lebih sederhana dan mudah kamu pahami, daripada DSLR. tak heran banyak pemula yang menyukai kamera jenis ini.

Compact Camera

Compact camera atau kamera seukuran saku ini masih banyak dicari oleh pecinta fotografi. Ukurannya yang kecil dan simpel dapat menjadi alternatif bagi pemula.

Fiturnya masih standar, sehingga cocok untuk kebutuhan pemotretan di dalam ruangan yang tidak membutuhkan zoom.

Action Camera

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan extreme, maka cocok jika memilih action camera. Bentuknya sangat kecil, dapat kamu pasang di helm, kendaraan bahkan pakaian.

Kamera ini lebih sering dimanfaatkan untuk pengambilan video daripada foto. Dengan resolusi full HD, serta kecepatan 30 frame per detik maka dapat membantu kamu membuat vlog yang apik.

Selain itu, kamera ini juga lengkap dengan casing, sehingga aman jika kamu gunakan di dalam air. Merek kamera aksi yang paling umum di pasaran yaitu GoPro

Kamera Video

Selanjutnya adalah jenis kamera video. Kamera video hanya bisa kamu gunakan untuk mengambil video atau benda bergerak.

Kamera video pun beragam bentuk dan fungsinya. Apabila kamu ingin membuat sebuah film, maka pilih dan gunakan saja kamera video.

Medium Format Camera

Apabila kamu menginginkan kualitas gambar yang tinggi, maka medium format camera adalah solusi. Kamera ini mempunyai fitur yang cukup lengkap, oleh karena itu sering digunakan oleh fotografer fashion.

Nah, itulah jenis-jenis kamera dan fungsinya. Selain yang tersebut di atas, masih banyak kamera yang lebih unik lainnya. Jadi, sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan, ya. Semoga ulasan di atas membantu.