7 Manfaat Aerial Photography dalam Kehidupan Manusia

Foto yang diambil dari udara bisa menceritakan banyak hal yang tidak bisa diketahui dari perspektif tanah saja. Jelas, manfaat aerial photography dan fungsinya telah membawa kemudahan di berbagai bidang. Untuk bisa dikategorikan sebagai foto udara, dibutuhkan peralatan yang tak biasa.

Misalnya, saat ini drone dan pesawat terbang dipakai sebagai alat bantu yang nantinya dipasangkan kamera. Alat diterbangkan di atas area yang telah dipilih untuk memantau daerah tersebut. Oleh karena itu, fotografi udara dibedakan menjadi beberapa kategori kami juga menyediakan jasa foto makanan bagi anda yang membutuhkan jasa kami.

Berbagai Manfaat Aerial Photography

Biasanya fotografi adalah hobi ekspresi sebagian orang. Namun fotografi udara menawarkan berbagai manfaat lain yang lebih dalam. Simak informasi berikut untuk mengetahui aneka kegunaan dari fotografi udara:

1. Perencanaan Tata Kota

Melalui foto udara, suatu kota bisa mendapatkan perencanaan tata letak terbaik. Biasanya teknik fotografi ini digunakan ketika melakukan pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya.

Terkadang juga digunakan untuk mengetahui kemungkinan dampak negatif pembangunan pada ekosistem lingkungan di sekitarnya.

2. Ekspresi Diri

Ini bisa menjadi media ekspresi diri yang bernilai seni melalui cara yang kreatif. Biasanya dipilih untuk menghasilkan foto dari perspektif mata burung. 

3. Pemetaan Lokasi Bencana

Manfaat aerial photography berikutnya telah dikenal sejak tahun 1906. Kala itu terjadi gempa di Chicago dan melalui foto udara bisa diketahui kondisi daerah terdampak secara detail. 

Ini cara termudah untuk mengetahui perubahan lingkungan, kerusakan yang diakibatkan bencana dan dokumentasi tanpa mengerahkan personel. 

Selain memantau lokasi pasca bencana, foto udara juga bisa memberikan informasi terkait wilayah yang rawan bencana. Sehingga bisa diadakan antisipasi untuk mencegah terjadinya kerusakan dalam skala yang luas.

4. Keperluan Komersial

Dengan adanya fotografi udara, banyak pihak yang merasa terbantu. Salah satunya perusahaan real estate. 

Teknologi ini memungkinkan agen real estate dalam melihat lokasi terbaik untuk mendirikan perumahan. 

Pemetaan juga bisa dilakukan untuk kepentingan promosi. Jadi calon pembeli yang tertarik bisa melihat lokasi strategis di sekitarnya, misalnya stasiun, pusat perbelanjaan, taman hiburan dan lain-lain. 

5. Membaca Perubahan Iklim

Ini adalah manfaat aerial photography yang sangat penting. Para peneliti bisa membaca perubahan iklim melalui beberapa foto udara dari waktu ke waktu.

Nantinya peneliti membandingkan sebuah foto kondisi alam di tahun 1990an dengan foto terkini. Karena diambil dari ketinggian, akan terlihat jelas suatu perubahan yang terjadi.

Misalnya foto danau, bisa jadi luasnya lebih sempit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa diakibatkan oleh jumlah air yang mengalami penurunan. 

Dengan mengetahui kemungkinan masalah lingkungan yang terjadi, maka dapat diambil tindakan untuk rehabilitasi.

6. Identifikasi Lahan Baru

Foto udara memberikan pandangan yang lebih luas, sehingga bisa diketahui kondisi dari suatu lahan. Dalam hal ini foto udara akan menunjukan lingkungan di sekitar, ketinggian dataran dan lain sebagainya secara detail.

Mengetahui karakteristik suatu lahan akan sangat bermanfaat ketika hendak melakukan pembangunan. Misalnya jadi lebih tahu jenis bangunan yang tepat untuk didirikan di daerah tersebut.

7. Pemantauan Wilayah Militer

Memang pemanfaatan yang cukup kontroversial. Cara ini bukan sesuatu yang langka pada masa perang dunia pertama dan kedua. Dulu, burung merpati atau roket dipakai sebagai alat bantu. Melalui pemantauan senyap dari udara dapat menginformasikan terkait tata letak daerah militer musuh.

Seperti markas tentara, kargo, dan lain sebagainya. Cara ini jelas lebih aman dibandingkan datang langsung ke lokasi. Namun sekarang pengambilan foto udara dilakukan melalui satelit, sehingga bisa menjangkau banyak area tak terjangkau.

Manfaat aerial photography semakin terasa berkat adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tak bisa dibayangkan betapa sulitnya menangkal masalah-masalah seperti identifikasi lahan, perubahan iklim dan lain sebagainya, tanpa adanya fotografi udara.