7 Teknik Dasar Fotografi yang Bikin Fotomu Lebih Aesthetic

Kamu harus memahami banyak teknik fotografi sebelum dapat menjadi seorang fotografer. Berlatih kemampuan fotografi adalah cara yang paling pas dalam mengasah keahlian ini. Namun, ada beberapa teknik dasar fotografi yang wajib kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja itu? Simak ulasannya di sini!

1. Long Exposure

Teknik dasar ini merupakan salah satu dari jenis-jenis fotografi yang dapat kamu gunakan dalam segala situasi. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kesan dramatis pada objek yang sering kita lihat.

Cara menerapkannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengatur shutter speed supaya terbuka dalam tempo yang cukup lama. Ini akan membuat cahaya tertangkap dan mempermudahmu dalam mengikuti arah gerak cahaya.

2. Tilt shift

Fotografi tilt-shift mengacu pada penggunaan gerakan kamera yang biasanya memerlukan penggunaan lensa khusus.

Pergeseran kemiringan sebenarnya mencakup dua jenis gerakan yang berbeda: rotasi lensa relatif terhadap bidang gambar, yang disebut kemiringan, dan gerakan lensa yang sejajar dengan bidang gambar, yang disebut pergeseran.

Selanjutnya, kemiringan ini berguna untuk mengontrol bidang fokus. Dengan demikian, kamu dapat menciptakan gambar yang tampak tajam. Prinsip seperti ini dapat kamu sebut dengan prinsip Scheimpflug. Tilt Shift sangat berguna dalam mengubah garis pandang seperti saat kamu harus mengambil gambar gedung tinggi.

3. Motion Blur

Motion blur adalah seni menangkap subjek yang bergerak. Teknik ini tidak hanya berguna dalam fotografi olahraga, tetapi juga dapat kamu gunakan untuk membuat gambar yang menarik dengan objek yang ringan atau bergerak cepat.

Untuk menangkap gerakan kabur secara efektif, kamu harus memperlambat shutter speed. Kemudian, tahan kamera saat subjek bergerak. Kamu juga dapat "menggeser" kamera dan menggerakkannya mengikuti subjek sebelum melepaskan rana. Ini akan menjaga subjek Anda tetap fokus sambil mengaburkan latar belakang.

4. Makro

Fotografi makro terbilang bermanfaat dan unik. Terlebih lagi, membuat gambar besar dari subjek kecil bisa jadi sangat menarik. Pasalnya, foto jenis ini dapat menangkap detail kecil yang tidak terlihat oleh mata manusia.

Cara terbaik untuk menonjolkan fotografi makro adalah dengan menemukan subjek yang menarik dan detail. Kamu dapat mencapai fotografi makro dengan hampir semua kamera lensa apa pun. Kendati demikian, kualitas gambar yang dihasilkan akan bervariasi tergantung pada peralatan yang kamu gunakan.

5. Forced Perspective

Forced perspective adalah permainan visual yang menyenangkan pada persepsi manusia. Terkadang hasil dari komposisi fotografi ini bisa terasa lucu! Saat menyusun gambar forced perspective, pastikan subjek utama lebih besar atau lebih kecil dari yang lainnya. Kamu juga dapat melibatkan percobaan dengan sudut yang menarik, dan posisi untuk subjek Anda. Terlebih lagi, teknik ini memang bertitik berat pada kreativitas.

6. Melukis dengan Cahaya

Selanjutnya, mirip dengan potret jejak lampu lalu lintas, lukisan dengan cahaya menggunakan eksposur panjang untuk menciptakan "jejak cahaya". Teknik menyenangkan ini dapat kamu gunakan untuk membuat foto artistik, atau untuk menambahkan putaran kreatif ke pemotretan. Mudah sekali, yang kamu butuhkan hanyalah lokasi gelap, shutter speed lambat, dan sumber cahaya bergerak seperti senter atau kembang api.

7. Mirror Fotografi

Refleksi dapat menambahkan kedalaman pada komposisi foto. Umumnya, foto reflektif sering terjadi di atas badan air. Namun, refleksi bisa efektif untuk banyak pengaturan yang berbeda. Jadi, coba gunakan aperture kecil seperti f/11 atau lebih tinggi untuk membantu meratakan subjek dalam bidikan dan meningkatkan efek reflektif.

Akhir Kata

Menguasai berbagai teknik dan ilmu fotografi akan membantumu dalam menemukan cara baru untuk menggabungkannya ke dalam komposisi sehari-hari. Oleh karena itu, Dengan menggunakan 7 teknik dasar fotografi di atas, kamu dapat menyempurnakan subjek sehari-hari, dan mengubah peluang biasa menjadi gambar kreatif dan artistik yang benar-benar menonjol.