8 Teknik Pengambilan Gambar Ala Fotografer Profesional

Jika kamu ingin menghasilkan foto yang menawan, maka kamu harus terlebih dahulu mengenal teknik pengambilan gambar. Terlebih lagi, seorang fotografer handal pasti tidak akan asal jepret saja saat ingin menghasilkan foto yang aesthetic.

Oleh karena itu, fotografer pasti punya persiapan khusus, termasuk merencanakan teknik pengambilan gambar yang tepat demi hasil optimal. Lalu, apa itu teknik pengambilan gambar dan apa saja jenisnya?  Simak terus artikel ini!

Apa itu Teknik Pengambilan Gambar?

Teknik pengambilan gambar adalah cara kreatif seorang fotografer untuk menempatkan titik fokus kamera pada subjek fotonya. Lebih daripada itu, pilihan teknik ini nantinya akan membantu menyampaikan sudut pandang si fotografer pada audiens yang menikmati hasil karyanya.

8 Teknik Pengambilan Gambar berdasarkan Sudut Pengambilan Gambar

Kamu bisa belajar beberapa teknik pengambilan gambar berdasarkan komposisi jauh dekatnya subjek atau sudut pengambilan gambar. Berikut ini beberapa tekniknya!

1. Extreme Close Up (ECU)

ECU memungkinkan fotografer untuk mengambil gambar dengan jarak yang cukup dekat. Tujuannya adalah untuk memotret bagian-bagian detail dari subjek. Selanjutnya, siapkan dulu lensa mikro jika kamu ingin menjajal teknik ini.

2. Big Close Up (BCU)

BCU berguna untuk mengambil gambar yang hanya fokus pada wajah subjek saja. Kamu juga bisa menggunakan ini untuk mengambil bagian tertentu dari wajah. Biasanya, kamu harus memakai teknik ini saat melakukan beauty shot, yang perlu menonjolkan make up atau kualitas wajah.

3. Close Up (CU)

CU membuat fotografer bisa mengabadikan subjek dalam jarak dekat. Teknik pengambilan gambar close up biasanya menghasilkan foto yang memuat bahu hingga atas kepala manusia. Lebih daripada itu, CU adalah pilihan teknik yang tepat untuk mengekspos identitas subjek.

4. Medium Close Up (MCU)

Teknik MCU merupakan kombinasi antara close up dan medium shot. Dengan demikian, kamu harus menggabungkan keunggulan dari kedua teknik. Kamu bisa memilih teknik ini saat ingin menonjolkan profil seseorang. Terlebih lagi, teknik pengambilan gambar medium close up memang hanya akan mengambil gambar dari atas kepala hingga bagian dada subjek.

5. Medium Shot

Kamu dapat menggunakan medium shot saat ingin menampilkan beberapa bagian dari subjek fotomu. Medium shot biasanya hanya akan mengambil gambar dari atas kepala hingga ke bagian pinggang manusia saja. Oleh karena itu, teknik ini cocok untuk menampilkan sosok seseorang.

6. Medium Long Shot

Kamu dapat menggunakan medium long shot saat ingin mengambil gambar berupa setengah bagian dari subjek. Dalam artian, kamu harus mengambil foto dari atas kepala hingga lutut saja. Oleh karena itu, fungsi teknik ini sebenarnya adalah untuk menonjolkan aktivitas yang sedang dilakukan subjek foto kamu.

7. Long Shot

Sama seperti namanya, long shot adalah teknik mengambil gambar dari jarak jauh. Dengan teknik ini, kamu bisa menampilkan lebih dari 1 subjek pada sebuah gambar yang sama. Lebih daripada itu, teknik ini bagus untuk mengekspos interaksi antar subjek.

8. Extreme Long Shot

Hampir sama seperti Long Shot, kamu harus mengambil gambar dari jarak jauh untuk menggunakan teknik ini. Namun, Extreme Long Shot biasanya bisa mengabadikan ruang yang lebih luas lagi. Lebih daripada itu, teknik ini memang bertujuan untuk mengabadikan landscape atau suasana secara lengkap.

Kesimpulan

Teknik pengambilan gambar yang baik akan meningkatkan kualitas gambar sekaligus membuatmu bisa menyampaikan pesan kepada penikmat foto dengan baik. Oleh karena itu, kamu perlu menguasai 8 teknik di atas sebelum memulai karir sebagai fotografer. Selamat mencoba!