9 Tips Menang Lomba Fotografi

Mengikuti sebuah lomba fotografi pada dasarnya adalah salah satu cara mengasah kemampuan yang kita punyai pada saat menggunakan kamera. Setiap kali mengikuti ajang lomba, motivasi utamanya adalah mendapat juara, bukan? Nah, berikut ini tips menang lomba fotografi yang bisa kamu coba.

Tips Menang Lomba Fotografi

Lomba fotografi adalah sebuah kompetisi yang bersaing menyajikan karya visual sesuai dengan tema tertentu dan mengandung makna khusus. Lomba fotografi biasanya berhubungan dengan pengambilan gambar, editing, serta presentasi makna foto.

Tak perlu bertele-tele, berikut adalah tips dan trik memenangkan lomba fotografi, sebagai berikut :

Memahami Tema Lomba Terlebih Dahulu

Tema menjadi salah satu kriteria penilaian dalam lomba fotografi. Langkah pertama agar mendapat poin adalah kesesuaian hasil foto dengan konsep lomba fotografi yang ada. Karena tema atau konsep lomba akan menentukan teknik komposisi fotografi apa yang sesuai.

Sebagai contoh, lomba bertema fashion street. Pahami konsep ini dan kira-kira hal apa yang menarik dari fashion street. Selanjutnya adalah menentukan teknik komposisi foto apa yang sesuai?

Jadi, analisislah tema terlebih dahulu, sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Motivasi Mengikuti Lomba

Setelah menganalisis tema, langkah kedua adalah membahas motivasi kamu mengikuti lomba fotografi. Apakah sekadar mengikuti tren? Sebagai pengalaman? Atau karena iming-iming hadiah?

Hal ini penting kamu ketahui, sehingga kamu bisa menemukan formula/ strategi yang cocok untuk memenangkan lomba.

Modal

Tips ketiga adalah modal. Kira-kira apa yang kamu jadikan modal untuk mengikuti ajang lomba tersebut. Apakah hanya kamera saja atau ada perlengkapan lainnya.

Karena untuk mendapatkan hasil yang bagus, ada beberapa peralatan yang kamu butuhkan. Selain itu, niat dan keseriusan kamu juga bisa menjadi modal untuk mengikuti lomba.

Mengenal Objek Foto

Agar bisa menghasilkan karya seni yang bagus, maka kamu harus mengenali objek fotonya. Jika  tema lomba tentang landscape di pantai, maka coba untuk datang ke pantai, dan berkeliling di sana. Mengenali objek fotografi merupakan elemen penting dan temukan spot-spot yang bagus.

Memilih Angle Yang Tepat

Selanjutnya adalah memilih angle yang tepat. Angle adalah sudut pandang dari mana pengambilan gambar foto tersebut. Gunakan teknik komposisi fotografi untuk menentukan angle yang pas.

Usahakan kamu tidak mengambil angle dari arah yang umum dan biasa, seperti dari depan, samping atau belakang. Pilihlah angle yang akan menampilkan keseluruhan objek.

Tentukan Perspektif Foto Yang Tepat

Perspektif foto merupakan hal yang tidak kalah penting dari sebuah foto. Pilihlah perspektif yang segar dan bersih, sehingga dapat menentukan tekstur dari foto-foto tersebut.

Memiliki Pencahayaan Yang Sesuai

Pencahayaan menjadi salah satu faktor yang perlu kamu kuasai. Teknik pencahayaan ini berkaitan dengan timing pengambilan gambar. Dalam hal ini, timing bukan tentang waktu pengambilan gambar, namun teknik pengaturan kamera.

Misalnya pada pagi hari, saat aura pagi serta lembab.  Jika kamu tidak mengatur setting pencahayaan dengan tepat, maka hasilnya pun akan jelek.

Meminta Saran Teman atau Orang lain

Saat mengambil objek, sebaiknya ambillah beberapa foto dengan angle atau spot berbeda. Setelah itu, tunjukkan hasil foto yang telah dicetak kepada orang lain. Mintalah orang lain memilih manakah foto yang terbaik. Mintalah pendapat kepada dua atau tiga orang lain.

Mengirim Foto

Selanjutnya adalah mengirimkan hasil foto. Sebaiknya tidak mengirim lebih dari 3 foto agar tidak membingungkan panitia.

Memenangkan lomba fotografi 2022 adalah impian setiap orang.  Oleh karena itulah perhatikan tips lomba fotografi di atas. Sebagai pemenang tentu menjadi kebanggan tersendiri, namun