Apa itu Aerial Photography dan Fungsinya, Fotografer Wajib Tau

Bagi yang familiar dengan jenis fotografi ini pastinya paham apa itu aerial photography. Beberapa orang berpikir bahwa ini sederhananya adalah proses mengambil foto dari udara. Padahal, ada lebih dari itu untuk mendapatkan gambar yang berkualitas kami juga menyediakan jasa foto produk yang berkualitas. 

Fotografi juga bisa menjadi alat menarik untuk memenuhi kebutuhan di berbagai bidang. Misalnya kebutuhan promosi real estat atau militer. Akan tetapi, bagaimana cara menangkap gambar dari udara? Apa saja jenis-jenisnya? Apa fungsi lainnya? Baca terus untuk menemukan jawabannya, yuk! 

Apa Itu Aerial Photography

Dalam bahasa Indonesia adalah fotografi udara. Jika dilihat secara luas, jenis fotografi ini pada dasarnya dilakukan menggunakan alat bantu untuk mengambil foto berkualitas dari perspektif udara. Helikopter dan drone dipilih sebagai alat bantu. Terkadang roket, pesawat terbang bahkan satelit orbit juga digunakan. Nantinya kamera super akurat dipasang pada alat tersebut untuk mengambil gambar dalam skala besar.

Gambar yang didapatkan ditujukan untuk keperluan seperti pemetaan, promosi real estat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, bisa terlihat geografi suatu lokasi beserta hal-hal yang ada di sekitarnya. 

Intinya, fotografi udara dipakai ketika perlu menangkap struktur dan permukaan bumi dalam format foto. Pada beberapa kasus, teknik ini juga digunakan untuk memprediksi perubahan klimat melalui penangkapan gambar fitur hidrosfer atau atmosfer bumi. 

Jenis-jenis Aerial Photography

Tujuan dari fotografi ini bukan asal mengambil gambar dari udara. Karena itu ada tiga jenis yang membedakan hasil gambar nantinya, yaitu sebagai berikut:

1. Jenis Vertikal

Jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis satunya lagi. Karena itu jenis ini juga yang paling banyak dipakai untuk mengambil gambar udara. Seperti namanya, gambar ditangkap secara tegak lurus atau vertikal.

Kebanyakan orang menggunakan fotografi udara jenis vertikal untuk menangkap objek yang lebar, contohnya seperti lapangan, kota, desa, taman dan masih banyak lagi. Alasannya, mengambil gambar secara vertikal mencegah terjadinya peregangan atau distorsi pada gambar, sehingga hasilnya jauh lebih akurat dengan aslinya. 

2. Jenis Oblique

Untuk jenis ini, gambar diambil dari sudut kemiringan 45 derajat. Dengan begitu, kamera mampu menangkap struktur tanah secara akurat dan luas. Keperluan menggunakan jenis obligue memang sedikit berbeda dengan jenis vertikal.

Fotografi udara jenis obligue seringkali dipakai oleh para arkeolog. Karena diambil dari ketinggian yang lebih rendah, gambar mampu menangkap topografi wilayah dan melalui gambar tersebut didapatkan macam-macam informasi. 

Fungsi Aerial Photography

Setiap jenis fotografi tentu mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Tidak lengkap kalau bahas apa itu aerial photography tanpa menyebutkan berbagai kemampuan dari fotografi ini. Simak informasinya sebagai berikut:

1. Menangkap Gambar dari Perspektif Baru

Kalau biasanya gambar menunjukkan sisi samping atau depan, aerial photography bisa dipilih untuk melihat objek dari sisi lain. Mengambil gambar atas suatu objek dari ketinggian akan menawarkan hasil yang menarik. 

2. Membantu Pemetaan Fitur Terestrial

Fotografi udara memberikan hasil terbaik dalam melakukan pemetaan terestrial. Dari hasil tangkapan beberapa gambar dengan ketinggian yang sama, namun mengikuti pola penerbangan secara urut akan menghasilkan gambar area yang diinginkan. 

3. Mengetahui Kontur Tanah secara Jelas

Kontur tanah dapat diketahui melalui gambar udara. Kartografer akan memanfaatkan foto terestrial untuk menciptakan peta tiga dimensi yang mendetail dan mencakup informasi seperti topografi, jenis tanah, meteorologi dan lain-lain. 

4. Meluncurkan Fungsi Militer

Ini merupakan salah satu fungsi yang jarang dibahas. Fotografi udara dapat memberikan penjelasan tentang kondisi wilayah musuh. Biasanya kamera ditempelkan pada sejenis roket yang diluncurkan ke wilayah musuh secara senyap.

Sudah jelas apa itu aerial photography dan fungsinya di berbagai bidang, bukan? Ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan potret berdasarkan perspektif mata burung.