Art Fotografi : Pengertian, Sejarah, Teknik hingga Tokoh Populer

Dalam bidang fotografi terdapat beberapa aliran atau cabang yang antara satu dengan lainnya membutuhkan skill berbeda. Salah satu jenis aliran dalam fotografi yang cukup populer adalah art fotografi.

Pengertian Art Fotografi

Art fotografi merupakan salah satu aliran dalam fotografi, yang berfokus pada estetika serta intelektual dari setiap karya. Biasanya karya yang tergolong aliran ini mempunyai makna tersendiri, unik dan terkadang tidak mudah dipahami oleh orang awam.

Beberapa fotografer yang cenderung tergolong aliran ini mempunyai visi dan cara pandang yang berbeda. Kebanyakan art fotografi digunakan untuk iklan produk, namun tidak sedikit yang menjadikannya sebagai perwujudan karya seni murni. Terdapat tiga elemen yang menjadi dasar art fotografi, yaitu mata, kamera dan otak yang saling berkaitan.

Sejarah Art Fotografi

Pada zaman dahulu, terdapat fotografer yang bervisi ingin menghidupkan sesuatu. Dia beranggapan bahwa visi tersebut akan selalu hidup di dalam pikiran  seseorang dengan jiwa seni tinggi.

Sementara di Amerika Serikat, orang yang pertama kali mempopulerkan art fotografi adalah F. Holland Day dan Alfred Stieglitz. Sedangkan di Indonesia untuk art fotografi masih minim peminatnya. Alasanya, art fotografi mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Teknik Pengambilan Gambar Art Fotografi

Fotografer memang terkesan bebas menentukan objek yang akan difoto, namun berbeda dengan art fotografi. Di sini kamu harus memperhatikan teknik yang menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.  

Hal-hal yang termasuk dalam art fotografi yaitu :

Bersifat Abstrak

Hal yang terpenting dalam art fotografi adalah makna dari sebuah karya. Sehingga hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah keabstrakan. Contoh fine art Fotografi adalah sebuah gambar payung yang menjadi simbol dari perlindungan, atau gambar pohon sebagai simbol kesunyian.

Menggunakan Efek Khusus

Sebagian besar fotografer yang memilih art fotografi sering menggunakan efek khusus agar gambar terlihat lebih emosional sekaligus membangkitkan perasaan. Tidak heran jika para fotografer menggunakan lighting, asap, hingga konsep air atau make up khusus agar lebih menarik. Tujuannya agar hasil gambar lebih dramatis, dan pemirsa terbawa emosi.

Tokoh Fotografer Yang Fokus Pada Art Fotografi

Inilah beberapa tokoh fine art fotografi yang kebanyakan karyanya menggabungkan ide abstrak dan karya artistik, seperti :

Damiano Errico

Damiano merupakan fotografer asal Italia yang mendapat inspirasi dari sebuah lukisan karya Renaissance. Ia seringkali bereksperimen dengan pencahayaan dan tubuh wanita

Inna Mosina

Inna mencintai dunia fotografi setelah lulus dari sekolah jurusan hukum. Ia banyak mengambil gambar orang-orang di sekelilingnya, hingga pada akhirnya tertarik untuk memotret cuaca berawan, matahari terbit dan terbenam.  Objek-objek tersebut memaksa Inna untuk membuat potret yang dipenuhi dengan emosi.

Marta Syrko

Marta sudah berkecimpung dalam art fotografi sejak lama. Hasil potretnya sungguh romantis, penuh perasaan dan misterius. Portofolio Marta dipenuhi dengan komposisi serta ekspresi yang berbeda satu dengan lainnya namun tidak terlihat aneh.

Henri Cartier

Fotografer kelahiran Chanteloup en Brie ini sering menyebut dirinya sebagai pionir foto jurnalistik yang terbaik. Salah satu karya terbaiknya adalah balita dari India yang kelaparan hingga terlihat tulang rusuknya.

Magda Piwosz

Magda adalah fotografer yang menggabungkan fotografi dengan seni rupa, salah satu karyanya yang terkenal adalah koleksi foto melamun yang menggambarkan ketidak kegembiraan masa kecil.

Akhir Kata

Bagaimana, sudah paham kan tentang art fotografi? Menggabungkan fotografi dengan seni rupa memang tidak mudah, namun bila kamu menekuninya maka akan berhasil menciptakan mahakarya dengan banyak makna. Tertarik?