Begini Cara Belajar Desain Grafis Otodidak

Apakah belajar desain grafis bisa dilakukan secara otodidak? Bisa.  ternyata membuat sebuah karya visual ini bisa kamu pelajari tanpa harus sekolah atau kursus. Apa saja yang perlu kamu perhatikan? Begini cara belajar desain grafis otodidak.  Tapi sebelumnya pahami terlebih dahulu apa itu desain grafis.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah sebuah bentuk komunikasi visual yang berupa gambar atau teks untuk menyampaikan informasi dengan efektif. Kata desain sendiri berarti perancangan estetik yang berdasar pada kreativitas. Sementara grafis adalah ilmu dari perancangan titik atau garis yang membentuk gambar dan  berhubungan dengan proses cetak.

Dengan kata lain, desain grafis adalah salah satu cabang ilmu yang berdasar pada kreativitas untuk menciptakan sebuah bentuk gambar, dengan tujuan percetakan.

Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Begini cara mempelajari desain grafis secara otodidak, meliputi :

Pahamilah Dasar-dasar Desain

Sebelum terjun mempelajari desain grafis, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami dasar-dasar desain grafis. Ada beberapa elemen penting dalam membuat sebuah desain, yaitu titik, garis, bidang, ruang. Warna dan gelap terang.

Saat ini, kamu juga bisa belajar desain grafis online melalui channel youtube.

Tanamkan Sebuah Niat Yang Kuat

Cara selanjutnya adalah menanamkan niat di dalam diri. Pada dasarnya, dalam kehidupan sehari-hari memang harus diawali dengan niat, bukan? Begitu juga ketika kamu ingin belajar desain grafis.

Mengenal Software Desain Grafis

Karena kamu belajar secara otodidak tanpa tutor, maka carilah software yang mudah. Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak software untuk desain grafis, salah satunya adalah Adobe Photoshop. Pelajari tools-tools yang ada dalam software tersebut hingga mahir sebelum berganti kepada lainnya.

Setelah cukup mahir mengoperasikan satu software, maka bisa mencoba software yang setingkat lebih sulit.

Membuat Moodboard

Biasanya, moodboard dibuat saat mengerjakan proyek. Nah, agar kepekaan warna dan gambar terstimulasi, maka buatlah moodboard dengan warna-warna kontras.

Mencoba Membuat Objek Yang Mudah

Sebagai pemula, maka langkah awal belajar desain grafis adalah membuat gambar yang mudah. Cobalah menggambar seperti gelas, TV atau apapun yang menurutmu cukup mudah.  Ingat, desainer profesional yang mendesain proyek besar dulunya juga berawal dari hal-hal kecil.

Kumpulkan Beberapa Desain Yang Menginspirasi

Cara belajar desain grafis selanjutnya adalah mengumpulkan gambar-gambar yang menginspirasi dan kamu anggap menarik. Kamu bisa mengambil dari berbagai sumber, misalnya majalah, media sosial, pinterest atau lainnya.

Bedah Proses Desain

Langkah selanjutnya adalah membedah satu per satu desain yang sudah kamu kumpulkan. Bedahlah warnanya, simbol-simbol yang digunakan hingga membuat desain baru. Rutin melakukan hal ini akan menambah keterampilan.

Terbuka Pada Kritik dan Saran

Salah kunci sukses adalah menerima kritik dan saran secara lapang dada. Bersikap terbuka pada saran dan kritik akan memberikan manfaat dan pengetahuan. Semakin sering mendapat kritik dan saran, maka banyak pula gambaran untuk memperbaiki diri.

Bergabung Dengan Komunitas

Cara lain untuk belajar desain grafis adalah bergabung dengan komunitas. Komunitas para desainer akan menjadi ajang untuk mencari tambahan ilmu dan pengalaman. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman yang senior.

Mulai Tawarkan Jasa Desain

Setelah merasa cukup mampu dan layak, cobalah untuk memulai menawarkan jasa desain. Jika belum percaya diri, cobalah mendesain sesuatu untuk keluarga terdekat. Kemudian, mintalah testimoni sebagai portofolio.

Kesimpulan

Begitukah beberapa cara belajar desain grafis otodidak yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil, ya.