Berapa Harga Fotografer Pemula? Cek Disini

Secara umum harga fotografer pemula bervariasi, tergantung pada pengalaman, peralatan yang digunakan serta kemampuannya. Namun, jika kamu menjadikan fotografi sebagai bisnis untuk memperoleh keuntungan, maka ada beberapa perhitungan yang perlu dikalkulasikan. Berikut beberapa daftar harga fotografer pemula.

Tips Menentukan Harga Fotografer

Sebelum mengulas kisaran harga seorang yang bekerja di bidang fotografi, ada baiknya kamu mengetahui dari mana asal muasal angka tersebut.

Pertimbangkan Harga Yang Tersembunyi

Harga tersembunyi? Kebanyakan fotografer lupa bahwa memotret bukan sekadar hobi, melainkan bisnis yang umumnya mencari keuntungan. Selama ini, beberapa fotografer tidak menyadari hal tersebut dan berakhir dengan kerugian, baik material atau tenaga.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar fotografer melupakan harga yang tersembunyi. Harga tersembunyi merupakan akumulasi dari biaya transportasi, biaya pendidikan, biaya kecelakaan dan anggaran tak terduga lainnya.

Hindari Menghitung Waktu

Mulai sekarang, pastikan kamu tidak menghargai kemampuan serta pengalaman dengan waktu. Waktu memang berharga, namun jika klien membayar jasa fotografer dengan hitungan per jam maka akan merugikan kamu.

Sebagai contoh, ada seorang fotografer yang bertarif 200 ribu per jam, jika kegiatan pemotretan butuh waktu 5 jam, maka uang yang ia terima hanya 1 juta. Namun, jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 1 jam dengan kualitas hasil yang sama seharusnya kamu berhak mendapatkan fee lebih tinggi dari 1 juta.

Mengapa demikian? Karena fotografer bukan tentang waktu, melainkan nilai. Seberapa bagus produk yang kamu hasilkan serta pelayananmu. Jadi, mulai sekarang jangan berpatokan pada lama waktu, melainkan nilai dari hasilnya.

Bebas dan Tidak Ada Yang Salah Dengan Harga Tinggi

Menjadi seorang fotografer tidak masalah jika menawarkan harga tinggi. Asalkan kamu mengetahui alasan mengapa layak dibayar tinggi. Apakah karena ongkos produksi yang tinggi, peralatan yang super lengkap, kualitas hasil foto yang bagus.

Carilah Pelanggan Yang Sesuai

Tidak semua klein bisa menghargai jasa kamu sebagai fotografer. Oleh karena itulah, carilah pelanggan yang bisa menghargai karyamu. Misalnya, kamu sedang rajin memotret hewan, maka carilah pecinta satwa. Mereka jelas akan menghargai serta mengapresiasi karyamu.

Harga Fotografer Pemula

Berikut  contoh perhitungan  sewa fotografer Jakarta sesuai dengan acara, antara lain:

Jasa Fotografer Pre Wedding

Pre wedding adalah momen yang tidak dapat terulang, dan cukup sakral bagi calon pengantin. Seringkali pelanggan memberikan konsep sesuai dengan impian mereka.

Untuk hasil yang memuaskan, maka fotografer perlu menyiapkan peralatan yang memadai. Kisaran harga jasa fotografer prewed sekitar 1 juta sampai 3 juta rupiah. Harga ini meliputi 1 dan 2 fotografer, 1 CD yang berisi album foto dengan rentang waktu 1-4 jam.

Harga Fotografer Pernikahan

Tak berbeda dengan fotografer pre wedding, dalam momen pernikahan maka calon pengantin juga menginginkan hasil yang bagus. Untuk jasa pernikahan, kamu bisa membuat patokan harga sekitar 3 juta sampai 5 jutaan. Dari pembayaran harga tersebut, kamu akan mendapatkan 1 buah CD dan beberapa foto menarik lain yang diambil saat acara.

Jasa fotografer Wisuda

Untuk kegiatan wisuda, kamu bisa menawarkan tarif jasa sekitar 2 juta hingga 3 juta. Dengan harga tersebut kamu bisa mendapatkan album serta mini studio

Fotografer Ulang tahun

Untuk mengabadikan momen keceriaan dalam rangka ulang tahun si kecil, biasanya fotografer akan memberikan tarif 2,5 juta hingga 3 juta-an.  

Akhir kata

Demikianlah tips menentukan harga fotografer pemula beserta spesifikasi harganya. Ingat, fotografi adalah snei yang setiap hasilnya mempunyai tarif yang berbeda. Setiap fotografer mempunyai pangsa pasarnya masing-masing, begitu juga tarif jasa fotografer freelance.