Cara Menentukan Harga Jasa Foto Produk Paling Mudah dan Terbaik

Perlu Anda ketahui bahwa harga jasa foto produk sebenarnya dapat ditentukan tergantung kebutuhan Anda. Semakin banyak kebutuhan yang Anda miliki, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kualitas dari foto produk sudah pasti berkualitas HD, menarik, dan terlihat estetik. Foto produknya bisa digunakan untuk menarik banyak konsumen dan mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Bagi Anda yang ingin tahu cara menentukan harga jasa foto produk, maka bisa langsung cek di bawah ini.

Ukuran Produk

Harga jasa foto produk bisa ditentukan dari ukuran produk yang diminta oleh klien. Jika produknya berukuran kecil hingga sedang dengan permukaan atau kemasan reflektif dan transparan, biasanya pihak jasa akan membantu pemotretan dengan teknik vektor atau 3D image.

Jenis Produk

Tak hanya dilihat dari ukuran produk, harga jasa foto produk pun dapat ditentukan dari jenis produknya sendiri, seperti:

1. Foto Makanan

Biasanya, pemotretan untuk foto makanan akan dilakukan langsung ditempat tujuan atau bisnis klien. Tujuannya supaya bahan-bahan makanan masih dalam keadaan fresh serta bagus didepan kameranya.

2. Foto Reflective dan Reflection

Harga jasa foto produk untuk kemasan, seperti pouch bag, bingkisan plastik maupun drink pack memang cukup mahal karena sulit untuk dipotret. Sebab, fotografer harus menggunakan teknik khusus supaya hasil foto terlihat menarik dan mampu menggaet konsumen untuk membeli tanpa pikir panjang

3. Foto Produk Grup

Foto produk grup merupakan foto produk yang berisi beberapa produk dengan jenis dan warna berbeda. Biasanya, foto produk grup terdiri dari minimal 3 produk dalam 1 frame.

Pemotretan foto produk grup juga cukup sulit dilakukan dan akan memakan waktu lebih lama, dibandingkan foto produk biasa. Sebab, fotografer harus mampu menata setiap jenis produk sesuai dengan warna agar terlihat lebih menarik. Jadi, konsumen yang melihatnya tertarik untuk membeli karena fotonya yang terlihat estetik.

4. Foto Produk Ukuran Besar

Untuk harga jasa foto produk dengan ukuran besar, Anda tidak perlu khawatir kemahalan. Sebab, produk ukuran besar biasanya memiliki harga spesial yang hemat di kantong Anda.

Adapun beberapa jenis produk ukuran besar yang dapat difoto oleh fotografer produk, seperti bangunan, sprai, kendaraan, perabotan dan masih banyak lagi.

Konsep Foto Produk

Konsep foto produk untuk katalog akan menggunakan background warna putih, hitam atau abu-abu. Biasanya, jenis ini digunakan untuk ecommerce.

Sementara untuk foto thematic atau bertema akan memiliki background foto yang lebih menarik atau memiliki cerita tersendiri. Biasanya, konsep ini digunakan untuk foto fashion, seperti sepatu, pakaian, jam tangan dan lainnya.

Terakhir, untuk konsep foto produk 3D animasi akan dilakukan dua kali proses editing untuk hasil maksimal. Tak heran, harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

Jumlah Produk

Harga jasa foto produk biasanya tergantung dengan jumlah foto produk yang akan dipotret. Menariknya, semakin banyak produk yang akan dipotret, misalnya berjumlah 50 produk, maka harganya pun akan jauh lebih murah.

Kendati begitu, kualitas dan visual foto yang dihasilkan tetap terlihat menarik dan tidak akan mengecewakan Anda.

Itulah beberapa cara menentukan harga jasa foto produk yang bisa Anda perhatikan dengan baik. Setelah melakukan beberapa cara diatas, tentunya Anda bisa menentukan harga jasa foto sesuai dengan kebutuhan serta skill yang dimiliki. Selain itu, jika Anda tertarik untuk mencari jasa foto produk terbaik, maka bisa hubungi disini.