Definisi dan Perbedaan Fotografi Lanskap dan Portrait

Fotografi - Terdapat 2 jenis foto yang paling umum dan sering digunakan masyarakat. Kedua jenis foto tersebut adalah landscape (lansekap) dan portrait (potret). Masing-masing foto memiliki bentuk dan karakter yang unik. Adapun perbedaan fotografi lanskap dan portrait mudah untuk diketahui dari bentuk dan manfaatnya.

Foto lanskap umumnya digunakan untuk menampilkan panorama dan foto dengan jumlah orang yang banyak. Sementara foto potret digunakan untuk menonjolkan subjek. Teknologi fotografi dan pemakaian ponsel pintar atau smartphone, membuat pemakaian foto potret kian populer dan umum di masyarakat. 

Definisi Foto Lanskap dan Potret

Simak penjelasan berikut ini untuk memahami pengertian dan definisi foto lanskap dan foto potret.

- Foto Lansekap

Lansekap adalah foto yang proses pengambilannya dilakukan dengan mendatar atau horizontal. Foto lanskap memiliki lebar foto yang lebih panjang dibandingkan tingginya. Foto lanskap ini sangat mudah ditemukan dalam lukisan, foto pemandangan, foto banyak orang, dan foto lain yang memotret area luas.

- Foto Potret

Potret adalah foto yang proses pengambilannya dilakukan tegak lurus atau vertikal. Foto potret memiliki tinggi yang lebih panjang dari pada lebarnya. Potret merupakan foto yang sering digunakan sebagai potret diri, objek yang menampilkan ketinggian, dan foto yang menampilkan ekspresi subjek foto (selfie, dll).

3 Perbedaan Fotografi Lanskap dan Portrait

Perbedaan lanskap dan potret bisa dilihat dari 3 hal, definisi dan orientasi, penggunaan, dan pengambilan. Berikut adalah penjelasan perbedaan antara lanskap dengan potret mengacu kepada ke-3 hal tersebut.

1. Definisi dan Orientasi

Potret adalah foto yang memiliki orientasi tinggi lebih panjang dibanding lebarnya. Sementara, foto lansekap adalah foto yang orientasi lebarnya lebih panjang dibanding tingginya. Foto potret memiliki orientasi vertikal, sementara foto lansekap memiliki orientasi horizontal. Perbedaannya mudah dikenali.

2. Penggunaan

Foto potret adalah jenis foto yang digunakan untuk orang tunggal, foto bangunan tinggi, dan foto lain yang mengedepankan unsur vertikal. Sementara lansekap adalah jenis foto yang digunakan untuk area yang luas, menampung orang dalam jumlah banyak, dan pemandangan alam yang berorientasi pada unsur horizontal.

3. Pengambilan

Foto potret dapat diambil dengan kamera apapun, termasuk ponsel dengan dipegang tegak lurus ke atas. Sementara foto lanskap dapat diambil dengan kamera apapun dengan dipegang secara mendatar. Pengambilan kedua jenis foto tersebut jelas-jelas berbeda dan mengikuti unsur vertikal dan horizontalnya.

Selain perbedaan, keduanya memiliki kesamaan. Kesamaan kedua jenis foto tersebut adalah keduanya sama-sama memberi pengaruh pada komposisi foto. Melihat unsur vertikal dan horizontal dari foto, sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui dan mengidentifikasi perbedaan antara potrait dengan lanskap.

Manfaat Foto Lanskap dan Potret

Berikut adalah manfaat dan rekomendasi pemakaian foto lanskap dan foto potret.

- Foto Lansekap

Foto lanskap umumnya digunakan untuk menampilkan orang dalam jumlah banyak. Untuk foto bersama, baik formal maupun tidak, jenis foto ini lebih direkomendasikan. Foto lanskap juga cocok digunakan untuk memotret area yang luas dimana diperlukan lebar yang panjang untuk mengambil semua area tersebut.

- Foto Potret

Foto potret cocok digunakan untuk menonjolkan subjek, terutama dalam hal fisik, ekspresi, dan emosi dari subjek tersebut. Bukan hanya ekspresinya, foto potret juga pas digunakan untuk menonjolkan subjek atau objek yang memiliki figur tinggi. Berbeda dengan foto lansekap, foto potret lebih fokus pada satu subjek.

Perbedaan fotografi lanskap dan portrait memang sangat mudah untuk diidentifikasi. Apalagi, jika terdapat contoh dari keduanya yang bisa menampilkan betapa berbeda keduanya. Perkembangan teknologi fotografi membuat siapapun bisa membuat foto lanskap dan potret berkualitas dengan mudah.