Faktor yang Mempengaruhi Harga Jasa Fotografer

Sebenarnya berapa harga jasa fotografer? Ini mungkin menjadi pertanyaan terbesar saat kamu ingin menggunakan jasa tersebut untuk berbagai keperluan. Jawabannya, antara satu jasa fotografer dan lainnya itu bisa berbeda. Kamu bisa tanya salah satu jasa fotografer misalnya untuk kebutuhan foto pernikahan.

Pasti ada yang menawarkan harga 1,5 juta bisa dapat perbesaran ukuran 40 x 50. Jika merasa ingin mencari yang lain, coba tanya lagi beberapa mungkin ada yang mematok harga 3,5 juta walaupun dengan fasilitas yang sama. Lalu bagaimana itu bisa terjadi? Kamu boleh saja pilih yang murah, bukankah mendapatkan fitur yang sama?

Tunggu dulu, jika kamu memang ingin mencari jasa fotografer sebelum memilih paket yang murah, ada baiknya lakukan interview sedikit. Tanyakan pada fotografernya tentang beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari fotografi.

Pasalnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga jasa fotografer lho. Oleh sebab itu, antara satu jasa fotografer dengan yang lain bisa mematok harga yang berbeda walaupun fasilitasnya sama. Apa saja faktor tersebut? Ini dia penjelasan selengkapnya.

1. Gear/Peralatan Fotografer

Sebelum memutuskan memilih salah satu jasa fotografer tanyakan dulu pada mereka tentang beberapa hal. Pertama tentang gear apa saja yang nanti digunakan saat pemotretan berlangsung. Sebab, semakin gear-nya bagus dan lengkap maka pastinya harga yang harus kamu bayar juga makin mahal.

Kamu bisa tanyakan kamera yang akan dipakai itu apa. Selain itu, lensa yang mau dipergunakan hingga apakah ada tambahan gear, dan sebagainya. Jangan ragu juga untuk bertanya akan nanti diberikan tambahan pencahayaan seperti lampu atau hanya flash shoe saja.

2. Fotografer Backup dan Asisten

Faktor yang berpengaruh pada harga jasa fotografer lainnya adalah adanya tenaga tambahan. Selain bertanya soal gear atau peralatan yang akan dipakai saat pemotretan, cari juga informasi tentang berapa banyak pegawai yang bekerja nanti?

Bagi kamu yang sebelumnya belum pernah pakai jasa fotografer, sebagai informasi saja saat pemotretan berlangsung kadang tidak ditangani oleh satu orang saja. Beberapa jasa foto ada yang menyediakan tenaga tambahan. Biasa disebut sebagai fotografer backup atau asisten.

Apakah penggunaan tenaga tambahan seperti mereka akan berpengaruh pada harga jasa? Tentu saja begitu, karena semakin banyak orang yang membantu pada saat pemotretan, akan membuat harga jasanya makin mahal.

3. Album

Album juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga jasa fotografer. Rata-rata jasa fotografer akan menawarkan fasilitas album dan pembesaran foto seperti contohnya pada penjelasan di awal tadi. Sebelum kamu memilih jasa fotografer, ada baiknya tanyakan dulu jenis album apa yang diberikan.

Kamu harus tahu, ada beberapa jenis album yang biasa diberikan oleh jasa fotografer sebagai fasilitas. Ada yang berjenis album tempel biasa sampai album eksklusif. Khusus yang album eksklusif ini tampilannya seperti album magazine. Jenis album tempel jelas berbeda harganya dengan album magazine. Album magazine cenderung lebih mahal.

4. Skill Fotografer

Skill fotografer pun berpengaruh pada harga jasa. Dari namanya saja “fotografi”, jelas keahlian dari fotografernya sendiri patut jadi pertimbangan. Kamu mungkin bingung mengetahui apakah fotografernya sudah handal atau masih pemula. Cara paling mudah adalah dengan melihat hasil jepretannya (masih mentah atau yang sudah editan). Sebab ada juga fotografer yang sebetulnya biasa saja saat mengambil gambar namun begitu jago dalam mengedit.  

Itu dia tadi beberapa faktor yang berpengaruh pada harga jasa fotografer. Informasi di atas dapat kamu jadikan bahan referensi. Namun, jika bingung mau mencari jasa fotografer handal dan profesional, langsung saja menghubungi onlyimage.com. Dengan pengalamannya, jaminan hasil terbaik pasti kamu dapatkan.