Ingin Membuka Pameran Seni? Tentukan Tujuan Dan Tema Fotografi Dulu

Fotografi merupakan sebuah persembahan karya seni visual yang dihasilkan oleh cahaya. Sebagai karya seni terkadang fotografer memamerkan hasil foto di museum atau galeri seni. Lalu, bagaimana dengan tujuan dan tema fotografi? Bagaimana cara mempersiapkan sebuah pameran? Simak tips berikut ini!

Tujuan Dari Fotografi

Dalam sebuah foto terdapat kisah yang ingin kamu bagikan kepada orang lain. Hasil foto tidak sekadar memamerkan momen-momen indah atau duka, melainkan terdapat komunikasi yang ingin kamu sampaikan kepada audiens.

Saat kamu mendokumentasikan suatu aktivitas, maka ada momen yang kamu bekukan dalam gambar foto. Apabila suatu saat, orang lain melihat momen tersebut, maka mereka dapat melihat bagaimana cerita dibalik gambar itu.

Tujuan dari fotografi memang mendokumentasikan kenangan manis, bahagia dan cinta, agar terkenang sepanjang tahun. Berikut beberapa tujuan dari fotografi dan mengapa hal ini penting, antara lain :

- Foto dapat mewakili hal-hal penting

Sebuah hasil foto dapat menjadi wakil dari hal-hal penting yang telah terlewati bersama. Kamera menangkap momen penting dari beberapa tahun lalu hingga yang terbaru.

- Menjadi sejarah

Hasil foto akan menjadi benda yang mengingatkan kepada sejarah. Dengan mengamati sebuah foto, orang-orang dapat terhubung ke masa lalu

- Semua foto adalah cerita

Selalu ada cerita dibalik sebuah foto. Kamu akan mengingat momen tertentu setiap kali melihat foto, bukan?

- Foto dapat membangkitkan emosi

Sadarkah kamu, bahwa ada emosi yang bangkit setiap kali melihat sebuah foto. Emosi tersebut bangkit bukan karena keindahan sebuah foto, melainkan emosi yang diekspresikan oleh sebuah foto.

Merujuk pada hal di atas, dapat kamu ketahui bahwa tujuan utama dari fotografi adalah mendapatkan apresiasi dari orang lain. Sebuah karya seni akan sangat bermakna apabila dapat mengkomunikasi hasil karya kepada publik. Salah satu caranya adalah melakukan pameran.

Persiapan Sebelum Pameran

Sebelum membuka pameran, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

- Jadwal

Ketika menyusun jadwal, maka harus ada rencana yang matang, terkait lokasi pelaksanaan, waktu hingga kurasi foto yang akan kamu pamerkan.

- Tema

Foto yang akan kamu tawarkan sebaiknya sesuai dengan tema.  Tujuannya tentu saja agar pameran yang kamu gelar dapat berjalan beriringan dan selaras.

- Adanya kerjasama dengan tim

Sebuah kerjasama sangat dibutuhkan saat acara pameran foto. Acara tidak akan berjalan lancar jika tidak terdapat kerjasama.

Tips Menentukan Tema Fotografi Bagi Pemula

Selanjutnya, dalam setiap fotografi pasti menggunakan tema atau konsep yang menyeluruh. Tidak ada keharusan tema mana yang harus kamu pilih. Akan tetapi, memilih tema fotografi yang sesuai dapat mengarahkan kamu serta menambah kesan orisinil pada karya tersebut.

Dalam menentukan sebuah tema pameran fotografi, dilakukan setelah menetapkan tujuan pameran. Proses penentuan tema ini juga dapat mempertegas tujuan dari penyelenggaraan pameran.  Kamu bisa mengambil tema dari peristiwa sehari-hari atau yang sedang berlangsung saat itu.

Berikut rekomendasi tema  fotografi untuk pemula seperti :

- Hitam putih

Gambar foto hitam putih dapat memperkuat objek serta proses fotografi. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada objek lainnya.

- Berwarna

Tema pameran berwarna dapat mewakili emosi kamu. Merah berkaitan dengan gairah dan cinta, sedangkan biru merupakan warna yang mengasosiasikan pada kesedihan.

Kesimpulan

Pameran fotografi adalah salah satu kegiatan untuk memperkenalkan karya kepada orang lain. Sebelum mempersiapkan pameran foto, siapkan tujuan dan tema fotografi terlebih dulu, ya. Semoga informasi di atas berguna dan membantu, ya.