Mengenal 7 Komposisi Fotografi

Menguasai kamera dan memahami konsep dasar aperture atau kecepatan rana sangat penting bagi seorang fotografer. Selain itu, ada hal lain yang dapat meningkatkan kualitas hasil foto kamu, yaitu komposisi fotografi. 

Apa Itu Komposisi Fotografi?

Melansir dari laman Phototraces, komposisi dalam fotografi diartikan sebagai posisi serta pengaturan objek dalam frame sedemikian rupa.  Sehingga orang lain tertarik dan fokus pada area yang menonjol saja. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka fotografer tidak boleh asal jepret setiap kali mengambil gambar.

Kamu perlu melihat keadaan di sekeliling sebelum memotret objek, dan memikirkan di mana posisi yang tepat menempatkan objek. Dengan begitu, hasil akhir dari jepretan akan lebih bagus dan menarik.

7 Macam Teknik Komposisi Fotografi

Terdapat bermacam-macam komposisi fotografi yang bisa kamu pelajari lebih lanjut.

The rule of third

The rule of third adalah salah satu teknik dalam komposisi fotografi. Aturan ini cukup populer,  namun kamu perlu menggunakan komposisi fotografi rule of third dengan hati-hati. Dalam teknik ini, kamu harus membagi frame menjadi tiga bagian, sehingga terlihat sembilan kotak kecil.

Selanjutnya, letakkan objek utama di sepanjang garis kisi saja, sehingga akan menghasilkan foto yang lebih estetik. Jadi, ketika kamu ingin memotret sebuah bunga, maka letakkan batangnya pada sepanjang garis kisi vertikal kanan atau kiri.

Begitu juga, saat memotret panorama matahari terbenam. Kamu bisa menempatkan garis batas di sepanjang kisi horizontal atas atau bawah.

Framing

Framing atau membingkai merupakan salah satu contoh komposisi fotografi. Jika menggunakan komposisi ini, kamu bisa memanfaatkan alam benda di sekitar sebagai bingkai foto. Sehingga objek utama terisolasi dari luar dan hasil foto lebih terlihat alami.

Foto Simetris

Teknik komposisi ini berarti kamu meletakkan objek foto berada di tengah-tengah, simetris antara bagian kanan dan kiri. Dengan begitu akan tercipta keseimbangan visual di dalam hasil foto kamu. Foto yang tampak seimbang akan terlihat sempurna dan menarik.

Komposisi Foto Pattern dan Repetition

Teknik ini biasanya memanfaatkan bentuk serta ukuran objek yang serupa. Lazimnya, teknik ini dipilih guna menciptakan hasil foto yang terkesan terstruktur serta harmonis.

Pola pengulangan ini dapat menarik perhatian apabila kamu menata komposisi dengan baik. Misalnya deretan atap rumah, jika mengambil sudut yang tepat akan menjadi barisan objek yang bermotif apik.

Depth of field / Kedalaman Ruang

Teknik ini adalah mengubah komposisi gambar kamu menjadi sesuatu yang lebih artistik. Kamu hanya perlu menentukan mana objek yang menjadi latar depan dan latar belakang.  Komposisi ini akan menghasilkan ketajaman serta fokus pada hasil foto.

Terdapat tiga hal yang mempengaruhi kedalaman suatu bidang, yakni aperture, jarak antara kamera dan subjek serta panjang fokus lensa.

Negative Space

Teknik negative space artinya memanfaatkan ruang kosong yang berada di sekeliling objek utama, misalnya langit atau dinding. Biasanya, teknik ini jarang digunakan oleh fotografer profesional karena hasil foto akan terlihat sepi.

Namun, sebagian lagi menjadikan teknik negative space sebagai komposisi yang unik dan berbeda. Adanya ruang kosong di sekitar objek utama dapat membantunya terlihat menonjol. Contoh komposisi fotografi ini kebanyakan dipakai untuk fashion photography.

Frame Penuh

Frame penuh artinya mengkhususkan satu frame untuk satu objek saja. Dengan begitu, hasil foto akan lebih mendetail dan fokus. Komposisi ini akan cocok untuk memotret wajah serta ekspresi manusia.

Banyak fotografer yang mempelajari teknik komposisi fotografi wajah ini karena permintaan yang cukup tinggi, untuk kebutuhan marketing. Seperti iklan kacamata, krim wajah atau lainnya.

Begitulah beberapa teknik komposisi fotografi yang bisa kamu pelajari agar mendapatkan momen foto yang lebih bagus. Komposisi ini tidak dapat kamu temui dalam setelah kamera, tetapi berasal dari keterampilan fotografer melihat dan mengekspresikan objek foto. Semoga membantu, ya.