Panduan Lengkap Memulai Jasa Edit Foto

Jasa edit foto merupakan salah satu cabang bisnis fotografi yang populer. Lalu, bagaimana kamu dapat memulainya? Simak terus artikel ini untuk informasi lebih lengkap.

Apa itu Jasa Edit Foto?

Bisnis pengeditan foto mengkhususkan diri dalam mengedit atau memperbaiki foto yang ada untuk klien. Layanan ini dapat berkisar dari sekadar membersihkan noda atau masalah pencahayaan hingga pekerjaan Photoshop yang rumit. Lebih daripada itu, bisnis semacam ini dapat menjangkau siapa saja. Terlebih lagi, ada banyak kebutuhan untuk memiliki foto yang bagus demi publikasi, foto keluarga, profil media sosial, dan banyak lagi.

Kamu bisa menawarkan jasa edit foto bersamaan dengan paket pemotretan. Namun, kamu juga bisa membuat jasa edit foto terpisah sehingga kamu dapat menerima lebih banyak pesanan lagi.

Cara Memulai Jasa Edit Foto

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk memulai jasa edit foto!

1. Buatlah Business Plan

Sebuah rencana yang jelas sangat penting untuk sukses sebagai seorang pengusaha. Terlebih lagi, business plan akan membantu dalam memetakan bisnis secara spesifik dan menemukan beberapa hal yang awalnya tidak kamu sadari. Oleh karena itu, kamu perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum membuka jasa edit foto online:

- Berapa biaya awal dan biaya operasional untuk layananmu?

- Siapa target pasarnya?

- Bagaimana kamu akan menentukan tarif untuk jasa edit foto?

- Apa nama bisnismu?

2. Urus Legalitas Bisnis (Jika Memungkinkan)

Kamu tentu dapat mengurus legalitas bisnis jika kamu memiliki dana lebih. Perlu kamu perhatikan bahwa bisnis yang sudah resmi menjadi CV atau PT biasanya lebih dilirik oleh customer. Lebih daripada itu, kamu juga bisa menyediakan layanan untuk keperluan antar company jika bisnismu sudah legal. Dengan demikian, kamu dapat mengakses market yang lebih luas.

3. Tingkatkan Pengetahuan Editing Foto

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Seorang editor foto harus punya pengetahuan dasar tentang cara edit foto. Selanjutnya, ia juga harus bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan software edit foto terbaru. Ada banyak software yang bisa membantumu untuk mengedit foto. Bahkan, kamu bisa melihat sendiri bahwa software baru selalu muncul setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting bagi editor foto untuk selalu update dengan perkembangan terbaru.

4. Tentukan Harga Jasa Edit Foto

Harga jasa edit foto berkaitan erat dengan pengalaman editor, jenis editing dan kemampuan ekonomi target market. Jadi, sangatlah wajar jika harga jasa edit foto mungkin tidak sama untuk setiap editor. Pertimbangkan beberapa hal ini saat menentukan harga:

- Pertama-tama, tentukan dulu jenis-jenis editing yang akan kamu tawarkan.

- Selanjutnya, kamu juga harus mempelajari tingkat ekonomi target market.

- Lakukan riset pasar dengan mengecek harga jasa edit foto milik kompetitor.

- Sesuaikan dengan data dan tentukan harga jasamu.

5. Buatlah Rencana Marketing

Di era yang modern ini, kamu sudah bisa membuka jasa edit foto online. Dalam artian, kamu bisa memperluas target market jika kamu memasarkan jasa lewat internet. Ini bukan berarti kamu harus melupakan marketing tradisional. Namun, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuat rencana marketing secara digital. Jadi, cobalah untuk membuat:

- Akun media sosial untuk bisnis

- Website atau blog untuk bisnis

- Mendaftarkan bisnis di Google Business

6. Perhatikan Keuangan dan Manajemen Waktu

Pencatatan keuangan sangat penting untuk melakukan evaluasi bisnis seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, kamu harus selalu membuat catatan yang akurat dan terperinci juga tidak lupa mengajukan pajak tahunan.

Selanjutnya, perhatikan juga manajemen waktu. Sebagai seorang pemilik bisnis sekaligus editor, kamu harus membagi waktu dengan baik sehingga pekerjaan dapat selesai. Jangan lupa juga untuk meluangkan sedikit waktu demi memikirkan cara-cara baru untuk mengembangkan bisnismu.

Panduan Dasar Editing Foto

Sebelum membuka jasa editing foto, pastikan kamu sudah mengetahui semua hal dasar ini!

1. Crop foto dan bersihkan

Untuk mengedit foto, kamu harus:

- Meluruskan gambar: Tentu saja, lebih baik memperhatikan cakrawala yang horizontal saat memotret, tetapi pelurusan juga merupakan langkah pengeditan pertama yang mudah.

- Cropping: Yang terbaik adalah memangkas untuk meningkatkan detail komposisi kecil. Oleh karena itu, pangkaslah elemen yang mengganggu di tepi bingkai sehingga posisi subjek dapat berubah.

- Membersihkan spot: Biasanya, ada elemen-elemen alam yang mengganggu saat fotografer memotret di luar ruangan. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan spot-spot gambar yang mungkin terjadi karena debu dan cahaya matahari.

2. Sesuaikan White Balance

White balance berkaitan dengan tingkat warna, bukan tingkat eksposur. Jadi, kamu dapat menyesuaikan white balance untuk memperbaiki foto atau meningkatkan kualitas artistiknya.

3. Atur eksposur dan kontras

Menyesuaikan eksposur adalah proses membuat foto menjadi lebih terang atau lebih gelap. Selanjutnya, kontras adalah rentang gelap hingga terang. Biasanya, kamu menginginkan kontras tetap di tengah untuk menghindari hasil foto yang terlalu ekstrem. Namun, kamu dapat memilih kontras tinggi maupun rendah untuk membuat foto-foto tertentu.

4. Perhatikan saturasi warna

Setelah menyesuaikan white balance, kamu dapat lebih menyempurnakan warna di foto dengan kontrol saturasi dan vibrance. Meningkatkan saturasi membuat semua warna di seluruh bingkai jadi lebih intens. Hasilnya, ketika warna-warna cerah muncul, kamu dapat memberikan foto tampilan yang lebih dramatis.

5. Pertajam gambar

Kamu bisa mempertajam gambar untuk memberikan hasil foto yang maksimal. Ada banyak software yang menawarkan fitur ini. Jadi, pastikan kamu sudah memilih software yang lengkap saat hendak menawarkan jasa edit foto.

Style Editing Foto Paling Populer di 2022

Berikut beberapa style editing foto terpopuler yang bisa kamu jadikan referensi saat membuka jasa editing foto.

1. HDR Editing

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range. Foto HDR memungkinkanmu menangkap lebih banyak detail dari yang terlihat oleh mata manusia. Terlebih lagi, mode ini membuat kamera mengambil setidaknya tiga foto pada eksposur berbeda. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak pengedit foto untuk menggabungkan eksposur. Selanjutnya, dengan preset HDR, kamu dapat menonjolkan warna dan memperdalam bayangan sesuai keinginan.

2. Artistik

Kamu bisa menggunakan foto untuk mengaburkan batas antara imajinasi dan kenyataan. Salah satu contoh yang sangat populer dari jenis pekerjaan ini adalah komposit. Lebih daripada itu, dengan menggunakan Photoshop untuk menyatukan gambar yang terpisah, editor foto bisa menghasilkan dunia fantasi yang surealis dan provokatif.

3. Ganti Wajah

Jasa edit foto ganti wajah sangat populer di berbagai kalangan masyarakat. Oleh karena itu, jasa editing ini bisa jadi salah satu cabang bisnis yang menguntungkan bagi seorang editor foto. Biasanya, kamu akan langsung diserbu pembeli ketika menawarkan jasa ini.

4. Foto Keluarga

Foto keluarga merupakan salah satu jenis foto yang sering kali membutuhkan banyak editing. Kamu bisa menawarkan peremajaan foto hingga perbaikan gambar. Jadi, pastikan bisnis kamu juga mencakup jasa edit foto keluarga.

Tips Editing Foto

Perhatikan beberapa hal ini sebelum mengedit foto:

- Program pengeditan foto: Pilih yang berbasis cloud sehingga semua hasil fotomu tetap aman dan bebas dari risiko hilang karena kerusakan perangkat keras.

- Pahami perbedaan antara pengeditan "tak rusak" dan "destruktif": Beberapa perangkat lunak pengeditan secara otomatis mempertahankan aslinya—pengeditan tak merusak. Yang lain menyimpan gambar di atas aslinya—pengeditan yang merusak. Jadi, pastikan kamu mengetahui apakah program penyuntingan membuat salinan dari dokumen asli. Jika tidak, buat salinan semua gambar sebelum kamu mengeditnya

- Mengimpor dan Menyortir Foto: Keunggulan fotografi digital adalah kamu dapat mengambil beberapa bidikan untuk meningkatkan peluang mendapatkan foto yang spektakuler. Jadi, langkah pertama setelah mentransfer dan mengatur gambar di komputer adalah meninjaunya.

Akhir Kata

Memulai jasa edit foto sendiri tentu bukan tanpa tantangan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui langkah-langkah tepat untuk memulainya. Jadi, jangan lupa untuk mempraktikkan semua langkah di atas demi meningkatkan kesempatan suksesmu. Selamat mencoba!