Panduan Memilih Jasa Foto Prewedding Terbaik

Banyak pasangan yang ingin menggunakan jasa foto prewedding sebelum mereka menikah. Mengapa demikian? Simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Jasa Foto Prewedding?

Foto prewed adalah foto yang kamu ambil sebelum hari pernikahan. Jenis foto ini biasanya berguna untuk menunjukkan kedekatan dan romantisme pasangan yang hendak menikah. Lebih daripada itu, foto prewedding juga bertujuan untuk mengabadikan masa-masa sebelum pasangan menjalani hidup baru.  

Namun, pasangan tentu saja tidak bisa melakukannya sendiri. Paling tidak, mereka membutuhkan fotografer untuk mengambil gambar. Di sinilah peran jasa foto prewedding. Jasa foto prewedding menyediakan layanan bagi pasangan yang hendak menikah untuk mengambil gambar kedua mempelai.

Selanjutnya, hasil foto tersebut dapat ditampilkan saat pernikahan atau dipasang di rumah pasangan. Normalnya, jasa foto prewedding juga melibatkan make up artist dan persewaan baju. Dengan demikian, kamu tidak perlu ribet menyiapkan segalanya sendiri.

Kenapa Harus Foto Prewedding?

Foto prewedding juga akan berguna untuk kartu undangan pernikahan. Lebih daripada itu, foto jenis ini juga dapat kamu tampilkan saat resepsi pernikahan. Seperti kata pepatah terkenal, sebuah gambar berbicara seribu kata. Foto prewedding bisa menjadi pendongeng terbaik untuk menceritakan kisah cinta romantis pasangan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan foto prewedding sebagai hiasan dinding untuk rumah baru!

Setelah memutuskan bahwa kamu ingin melakukan pemotretan prewedding, maka kamu harus melakukan perencanaan. Tentu saja, kamu mungkin tidak tahu sama sekali tentang bagaimana merencanakan pemotretan prewedding. Oleh karena itu, kamu dapat menyimak terus artikel ini untuk mengetahui tipsnya!

Cara Memilih Jasa Foto Prewedding

Ini langkah-langkah yang tepat untuk memilih paket foto prewedding.

1. Ketahui Tema Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema untuk photoshoot terlebih dahulu. Tema bisa bermacam-macam tergantung selera pasangan. Oleh karena itu, kamu harus berkomunikasi dengan pasangan untuk bisa memilih tema secara bersama.

2. Riset Jasa Foto Prewedding Terdekat

Penting untuk meriset jasa foto prewedding sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya. Terlebih lagi, tim merekalah nanti yang akan membantu dan mendukung kalian berdua untuk mengambil gambar terbaik. Oleh karena itu, cek dulu review jasa foto.

Carilah jasa foto prewedding terdekat dengan lokasimu dan pastikan mereka sudah punya banyak klien dan portfolio. Selain itu, kamu juga dapat mencari info dari kerabat yang sudah terlebih dahulu menikah. Biasanya, mereka punya rekomendasi berdasarkan pengalaman yang valid.

3. Pertimbangkan Harga Jasa Foto Prewedding

Tentu saja, budget menjadi sangat penting saat kamu hendak menyelenggarakan pemotretan prewedding. Jadi, pilihlah jasa foto prewedding yang sesuai dengan budget. Ingat! Semakin lengkap jasanya maka semakin mahal pula harganya. Oleh karena itu, kamu harus tahu budget dan harga jasa foto prewedding dulu sebelum memutuskan.

4. Cek Fitur-fitur Jasa Foto Wedding

Ada beragam jasa foto wedding yang menawarkan fitur-fitur tambahan. Misalnya saja, ada yang punya paket lengkap dengan MUA dan sewa pakaian tetapi ada juga yang hanya menyediakan jasa fotografer. Nah, pertimbangkanlah kekurangan dan kelebihan dari berbagai paket ini.

5. Kenali Fotografer dan Portfolionya

Berkenalan dengan fotografer yang akan mengambil gambar adalah ide yang bagus. Terlebih lagi, kamu harus memastikan bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan baik sehingga kamu bisa memperoleh hasil yang menawan. Selain itu, pastikan si fotografer punya portfolio pemotretan yang sesuai dan harga jasa foto wedding yang terjangkau.

6. Adakan Meeting untuk Berkomunikasi dengan Tim Prewedding

Sebelum melaksanakan pemotretan, pastikan kamu telah mengadakan meeting bersama dengan tim. Meeting bertujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus memastikan bahwa tim sudah paham tema dan foto prewedding yang kamu inginkan. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu demi melakukannya.

Tips Merencanakan Foto Prewedding

Berikut ini sedikit tips yang bisa kamu terapkan saat merencanakan pengambilan gambar pra-pernikahan.

1. Menentukan Tema

Jika kamu tidak punya ide atau tema tersendiri, ada baiknya mendiskusikan masalah ini dengan tim jasa foto prewedding. Biasanya, mereka akan memberikan beberapa opsi yang cocok dengan pasangan dan tema wedding kamu. Selanjutnya, kamu boleh memilih satu tema dan berkomitmen untuk melakukan yang terbaik.

2. Memilih Lokasi Terbaik

Pilihlah lokasi yang sesuai dengan tema. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan budget kamu. Memilih lokasi pengambilan di luar kota tentu akan menambah budget. Terlebih lagi, kamu mungkin harus menyediakan biaya transportasi bagi keseluruhan tim. Jadi, harga jasa foto prewedding outdoor mungkin membengkak.

3. Menentukan Waktu Terbaik untuk Mengambil Gambar

Waktu terbaik untuk mengambil gambar adalah saat golden hour. Golden hour berlangsung saat fajar menyingsing atau sesaat sebelum matahari terbenam. Tentu saja, kamu perlu mengejar waktu ini jika kamu berencana untuk mengambil gambar di luar ruangan.

4. Memilih Kostum dan Make Up

Pilih kostum dan make up yang sesuai dengan tema. Lebih daripada itu, perhatikan juga kesesuaian kostum dengan lokasinya. Jangan sampai ada kostum yang ternyata tidak match dengan lokasi yang kamu pilih!

Ide Tema untuk Foto Prewedding

Tidak punya ide untuk foto prewedding? Ambil salah satu tema dari sini!

1. Adaptasi Film Favorit

Merupakan hal yang biasa bagi sebagian besar pasangan untuk memutuskan untuk mengadaptasi film favorit mereka ke dalam foto prewedding mereka. Jadi, kamu mungkin dapat menyarankan tema ini kepada fotografer prewedding. Bayangkan bagaimana kamu dan pasangan bisa membuat ulang adegan favorit dari kisah cinta favorit kalian. Tentu saja, ini akan menjadi salah satu kenangan favorit Anda selama persiapan pernikahan.

2. Hobi Pasangan

Selanjutnya, beberapa pasangan mungkin memilih tema yang menggambarkan hobi atau minat mereka. Terlepas dari banyak perbedaan antara kamu dan pasangan, kalian pasti akan memiliki beberapa hal yang sering dilakukan bersama. Jadi, menciptakan sesuatu dari hobi ini akan berguna dalam tema fotografi prewedding.

3. Profesi Pasangan

Tema khusus ini sangatlah populer. Terlebih lagi, jika profesi kamu membutuhkan seragam khusus seperti polisi, pilot, pemadam kebakaran, dan lain-lain. Dengan konsep yang matang dan pose yang unik, kamu bisa mendapatkan foto prewedding yang menarik.

4. Kenangan atau Nostalgia

Kamu dapat menggunakan fotografi pra-pernikahan untuk menceritakan kisah bagaimana kamu bertemu pasanganmu. Jika kamu berkenalan dengannya di sekolah, maka kamu dapat memilih lokasi ini sebagai latar fotografi pra-pernikahan.

Lebih daripada itu, kamu dapat mengenakan seragam sekolah, seperti yang kamu lakukan saat pertama kali berkencan. Dengan demikian, foto prewedding dapat membuat kamu dan pasangan mengenang momen-momen tersebut seiring bertambahnya usia.

Akhir Kata

Foto prewedding menentukan arah untuk pelaksanaan pernikahan. Tentu saja, ini akan membantu koordinasi setiap vendor dalam persiapan hari besar. Menggunakan jasa foto prewedding untuk membantu menangkap gambar merupakan solusi terbaik. Oleh karena itu, sisihkan sedikit budget pernikahan demi menghasilkan gambar yang memikat.