Pemula Wajib Tahu, 7 Tips Fotografi Wedding Berikut!

Sesuai dengan namanya, fotografi wedding adalah jenis fotografi yang secara khusus mengabadikan kegiatan pernikahan. Mulai dari potret kegiatan sebelum hari H seperti acara lamaran, pre-wedding hingga ritual acara pernikahan yang runtut seolah sebuah dokumenter. Oleh karena itu, fotografi wedding cukup sulit ketimbang jenis fotografi lainnya.

Pasalnya, tidak akan ada moment pernikahan yang terulang, jadi fotografer mempunyai tanggung jawab moril yang cukup besar. Untuk itulah, menjadi fotografer dalam rangkaian acara pernikahaan harus benar-benar mempersiapkan segala hal.

Tips Fotografi Pernikahan Untuk Fotografer Pemula

Berikut ini beberapa tips wedding fotografi bagi pemula agar tidak mengecewakan klien, antara lain :

Berkomunikasi Baik Dengan Klien

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah berkomunikasi secara dua arah dengan klien atau calon pengantin. Membangun hubungan secara personal ini akan membuat calon pengantin jauh lebih santai menyampaikan apa yang mereka inginkan. Hasil foto pun akan terlihat jauh lebih natural jika antara fotografer dan calon pengantin sudah saling mengenal.

Ketahui Gaya Foto Calon Pengantin

Setiap orang mempunyai gaya foto yang berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, pahami bagaimana gaya berfoto si calon pengantin. Dengan seperti itu, kamu dapat menonjolkan sisi kepribadian pasangan pengantin tersebut.

Tunjuk Koordinator Foto

Sebaiknya keluarga calon pengantin menunjuk seorang kerabat inti yang berperan sebagai koordinator foto. Tugasnya adalah memberikan informasi siapa saja tamu undangan dan kerabat yang datang. Sehingga tidak menimbulkan komplain di lain waktu karena ada momen yang tidak terabadikan.

Jika perlu, sudah ada koordinasi dengan MC. Hal ini akan memudahkan pekerjaan fotografer.

Intip Lokasi Acara Pernikahan Sebelum Hari H

Tak kenal maka tak sayang merupakan ungkapan yang cocok untuk menggambarkan hal ini. Pasalnya sebelum hari H, kamu harus mengenali lokasi acara wedding.

Tujuannya agar memudahkan footgrafer menentukan spot pemotretan yang strategis. Serta membantu fotografer mengetahui bagaimana faktor pencahayaan di dalam lokasi tersebut. Paling tidak, seorang fotografer sudah berkoordinasi dengan tukang pasang tenda agar tidak ada tidak yang berada di depan pelaminan.

Persiapkan Segala Perlengkapan Kamera Dengan lengkap

Sebagai fotografer di acara wedding, kamu harus menyiapkan segala perlengkapan kamera dengan lengkap. Memilih lensa yang tepat merupakan hal penting bagi seorang fotografer pernikahan.  

Jika kamu menggunakan kamera full frame maka siapkan lensa biasa hingga telefoto yang fix frame. Jangan lupa membawa flash, karena kamu tidak mengetahui secara pasti pencahayaan di dalam ruangan seperti apa. Sebaiknya, kamu juga tidak melupakan tripod, karena akan melelahkan jika harus memegang kamera secara terus menerus.

Selain itu, kamu juga wajib mempertimbangkan fotografer kedua, tujuannya untuk memudahkan saat proses pengambilan gambar. Sehingga semua elemen tidak ada yang terabaikan.

Terkadang kamu juga membutuhkan sebuah tangga untuk mengambil momen bahagia dari sudut yang lebih tinggi.

Di bawah ini merupakan beberapa daftar perlengkapan yang akan kamu butuhkan saat menjadi fotografer pernikahan, seperti :

- Kamera utama, jangan lupa sebelumnya setting kamera untuk wedding

- Baterai dalam kondisi full

- Flashgun

- Lensa

- Tripod

- Memory card yang sudah terformat

- Properti tambahan

- Rundown acara

- Beberapa daftar foto yang sesuai kesepakatan awal dengan pengantin

Pastikan Tidak Ada Foto Yang Terbuang Percuma

Tidak semua hasil foto yang diambil bagus, namun jangan asal menghapusnya. Bisa jadi, ada beberapa elemen yang tidak sengaja terpotret dapat kamu edit dan memanipulasinya, sehingga hasil lebih estetik.

Ambil Detail Shot

Seni dari fotografi adalah dapat menunjukkan detail kecil yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Alih-alih tidak melakukan apapun, kamu bisa mengambil beberapa gambar tali atau kerudung calon pengantin wanita. Atau sepasang sepatu yang akan pengantin gunakan dan beberapa aksesoris lain.

Memang terkesan sederhana namun, terdapat nilai sentimentil yang membangun emosional dari momen pernikahan tersebut.

Akhir Kata

Itulah beberapa poin penting yang perlu kamu siapkan dan pahami jika terjun ke bidang fotografi wedding.  Agar tidak mengecewakan klien, maka tulis apa dan siapa saja yang akan kamu potret. Pasalnya range  fotografer wedding harganya tidak murah, jadi pastikan kamu memberikan hasil yang terbaik. Sekali lagi momen bahagia dalam hari pernikahan tidak akan terulang. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.