Pengertian Fotografi Menurut Pendapat Para Ahli

Fotografi merupakan salah satu hobi yang paling banyak peminatnya. Kamu bisa mengambil foto setiap saat untuk mengabadikan momen indah dan memamerkannya di media sosial. Tapi, apakah kamu mengetahui pengertian fotografi? Berikut ulasan pengertian fotografi berdasarkan pendapat para ahli.

Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

Berdasarkan KBBI, fotografi adalah seni menghasilkan gambar dan cahaya yang dikenakan pada sebuah film. Berdasarkan terminologi, kata fotografi berasal dari bahasa Yunani, Fos dan Grafo. Fos artinya cahaya, sedangkan Grafo adalah menulis atau melukis.

Untuk membuat sebuah hasil karya foto yang berkualitas, maka kamu perlu mengetahui prinsip fotografi. Prinsip fotografi yaitu lebih kepada memfokuskan cahaya dengan membiaskan cahaya sehingga membakar media penangkap cahaya.

Sementara dalam buku “Terampil Fotografi dengan Teknik Peer Tutoring”, maka tujuan utamanya dalah menghasilkan gambar dengan bantuan pantulan cahaya.

Begini pengertian fotografi menurut para ahli, seperti :

Ansel Adams

Sebagai seorang fotografer, Ansel Adams fokus pada jenis fotografi landscape. Adams juga terkenal dengan hasil foto yang serba hitam putih. Jika, berbicara tentang pengertian fotografi, Ansel Adams mengartikan fotografi sebagai sebuah seni kreatif yang berasal dari ide komunikasi faktual.

Fotografi juga menjadi salah satu media berekspresi yang menawarkan berbagai persepsi yang tidak terbatas. Bahkan Adams meyakini bahwa foto dapat menjadi media bagi para fotografer bercerita.

Elliot Erwitt

Berbeda dengan Ansel Adamas, Elliott Erwitt yang seorang fotografer dokumenter berpendapat bahwa fotografi tidak sekadar objek yang kamu lihat, melainkan bagaimana cara kamu melihat objek tersebut.

Elliot percaya, bahwa setiap hasil foto itu bagus, karena tergantung dari mana kamu melihat sebuah objek tersebut.  

Amir Hamzah Sulaiman

Dalam sebuah buku karangan Amir Hamzah Sulaiman, beliau mendefinisikan bahwa fotografi merupakan istilah menggambar atau menulis dengan bantuan cahaya. Buku karangan Amir banyak menjadi panduan dalam studi tentang fotografi.

Yudhi Soerjoatmodjo

Sebagai salah satu fotografer senior di Indonesia, ia terkenal ahli memotret kisah manusia. Tidak heran jika beberapa orang mengenalnya sebagai Eseis Foto. ia menyebut fotografi sebagai media untuk berkomunikasi

Seno Gumira Ajidarma

Masyarakat Indonesia mengenal sosok Seno Gumira Ajidarma sebagai penggiat sastra, penulis cerpen dan skrip film. Namun, sebelumnya Seno lebih familiar dengan dunia jurnalistik dan fotografi. Melalui sebuah buku karangannya, Seno mengungkapkan bahwa sebuah foto ada karena perbedaan makna di antara banyak audiens.

Menurut Dr. I Komang Sudarma

Komang merupakan seorang dosen yang mengajar di Universitas Pendidikan Ganesha, di Bali. Ia mengatakan bahwa media foto menjadi salah satu cara berkomunikasi untuk menyampaikan ide kepada orang lain.

Marcus Sudjoyo

Marcus Sudjoyo merupakan fotografer yang fokus pada jenis fotografi human interest dan landscape. Berbeda dengan fotografer sebelumnya, Ia mendefinisikan fotografi sebagai bentuk kegiatan merekam cahaya untuk mendapatkan  hal sesuai keinginan.

Richard Maynard

Seorang fotografer yang berkebangsaan Kanada, Richard fokus pada jenis fotografi landscape.  Ia mengatakan bahwa fotografi adalah sains yang menghasilkan gambar karena aktivitas cahaya.

Tony Worobiec

Tony Worobies adalah fotografer profesional yang telah membuat 17 buku tentang fotografi. Fokus di fotografi landscape, hasil karya Tony banyak dipamerkan di museum.

Ia mengatakan bahwa fotografi adalah teknik menggambar atau melukis dengan cahaya.

Demikianlah pengertian fotografi menurut beberapa ahli. Dari beberapa pendapat tersebut, dapat kamu ketahui bahwa tujuan fotografi lebih untuk berkomunikasi dengan orang lain serta mendokumentasikan momen-momen penting. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.