Perhatikan Hal Ini untuk Menentukan Harga Jasa Fotografi Produk

Harga jasa fotografi produk biasanya berbeda-beda tergantung produk yang akan dipotret. Misalnya, harga foto produk fashion berbeda dengan harga foto produk makanan. Selain itu, harga yang berbeda pun bisa tergantung pengalaman fotografernya sendiri. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang fotografer, maka semakin tinggi harga yang ditawarkan.

Nah, apabila Anda merupakan seorang fotografer pemula, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menentukan harga jasa fotografi produk, yaitu:

Jangan Berikan Harga Seenaknya

Saat akan mulai membuka jasa fotografi produk, Anda tidak boleh menentukan harga seenaknya. Pastikan harga yang ditawarkan kepada klien sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Jangan terlalu membanderol harga mahal, kalau Anda masih harus banyak belajar atau pengalaman yang dimiliki masih minim. Namun, kalau kualitas foto produk yang Anda lakukan sudah bagus dan dapat mendatangkan banyak konsumen dari pemilik bisnis tersebut, maka Anda dapat menawarkan harga cukup tinggi.

Investasi Alat yang Digunakan

Hal yang mesti Anda perhatikan saat menentukan harga jasa fotografi produk berikutnya adalah tergantung investasi alat yang akan digunakan. Tentunya, alat utama yang mesti Anda miliki adalah kamera, baik itu kamera DSLR maupun kamera HP dengan kualitas terbaik.

Sebenarnya, kamera saja sudah cukup karena hasil foto bisa diedit menggunakan aplikasi supaya tampilannya menarik. Namun, biar hasil foto lebih maksimal, Anda dapat menyediakan lighting, lensa kamera, serta peralatan lainnya.

Nah, semua alat-alat yang Anda gunakan bisa menjadi patokan untuk harga jasa fotografi produk milik Anda.

Pengalaman

Seorang fotografer yang akan membuka jasa fotografi produk sudah pasti memiliki pengalaman. Kalau tidak memiliki pengalaman, maka hasil fotonya tidak akan estetik atau memiliki nilai tertentu.

Pasalnya, fotografi produk memiliki ilmu dan konsep foto yang mesti dipelajari dengan baik. Hal ini dilakukan supaya produk yang Anda foto bisa terlihat bagus dan menarik banyak konsumen untuk membeli.

Waktu yang Digunakan

Harga jasa fotografi produk bisa disesuaikan pula dengan waktu yang akan digunakan. Sebab, setiap produk yang akan difoto pasti memiliki kerumitan masing-masing.

Anda harus memiliki waktu untuk merancang ide konsep foto, berapa foto yang akan diambil, persiapan tempat dan masih banyak lagi.

Properti Foto yang Digunakan

Properti foto yang akan digunakan biasanya disediakan oleh pihak jasa fotografi produk. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan dan membeli properti yang dibutuhkan untuk sebuah foto produk.

Tanpa adanya properti, maka foto produk pun akan terlihat kurang menarik. Sehingga, sulit untuk ditemukan konsumen nantinya. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu menyiapkan seluruh properti yang akan digunakan untuk berbagai macam produk.

Bedakan Harga Jasa Fotografi Produk Sesuai Kebutuhan

Ada hal lain yang seringkali dilupakan fotografer saat akan menentukan harga jasa fotografi produk. Apakah foto produk hanya digunakan di media sosial saja atau digunakan untuk promosi lain, seperti brosur, spanduk dan lainnya.

Hal ini jangan sampai Anda abaikan karena harga foto produk harus dibedakan sesuai dengan kebutuhan. Misal, harga untuk foto produk yang akan digunakan di media sosial akan lebih murah, dibandingkan foto produk untuk brosur, spanduk atau baliho.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menentukan harga jasa fotografi produk. Pastikan Anda dapat memahaminya dengan baik supaya tidak keliru dalam menentukan harga, ya. Apabila Anda sedang mencari jasa fotografi produk terbaik, maka Onlyimage bisa menjadi pilihan.