Teknik Fotografer Estetik yang Bisa Kamu Ikuti

Perkembangan teknologi yang pesat berhasil membawa kemajuan dalam dunia fotografi. Tak heran, banyak fotografer telah beralih menggunakan kamera digital yang dapat memudahkan para pengguna dalam mengambil gambar. Salah satu kunci mendapatkan gambar terbaik adalah menggunakan teknik fotografer estetik.

Tentunya, menggunakan teknik fotografi tidak semudah seperti menekan tombol shutter dan langsung mendapatkan gambar yang estetik. Tetapi, kamu harus bisa memahami setiap teknik yang diperlakukan dengan baik, sehingga tercipta gambar yang estetik dan menarik perhatian.

4 Teknik Fotografer Estetik yang Menarik Perhatian

Berikut ini ada beberapa teknik fotografer estetik yang bisa kamu gunakan, yaitu:

1. Teknik Fotografi Makro

Teknik fotografi makro mesti dikuasai oleh para fotografer pemula. Pasalnya, teknik ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dalam jarak sangat dekat untuk bidikan close-up dari objek lebih kecil supaya terlihat besar.

Namun, teknik fotografer estetik ini membutuhkan beberapa alat khusus. Biasanya, para fotografer akan menggunakan lensa makro serta beberapa peralatan lain supaya hasilnya tajam saat memotret objek.

Para pemula dapat menggunakan teknik fotografer makro dengan kamera point-and-shoot, dimana kamu bisa menekan ikon bunga kecil pada smartphone. Ikon itu memiliki fungsi untuk membuat fokus kamera tetap stabil pada bidikan jarak dekat.

2. Teknik Fotografi Long Exposure

Teknik fotografer estetik berikutnya yang mesti dikuasai adalah teknik fotografi long exposure. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam situasi, terutama saat ingin menciptakan efek dramatis pada objek di kehidupan sehari-hari.

Teknik ini mengharuskan kamu untuk membiarkan shutter terbuka supaya rona cahaya dapat tertangkap jelas. Sehingga, kamu mudah dalam mengikuti arah gerak cahaya yang akan ditangkap.

Teknik fotografer estetik ini cocok kamu gunakan untuk mengambil objek alam, seperti langit, pantai, pohon dan lainnya. Pada dasarnya, ini merupakan teknik gabungan objek bergerak dan diam dengan menggunakan shutter speed untuk menciptakan kesan gambar yang dramatis.

3. Teknik Fotografi Motion Blur

Teknik fotografi motion blur masih berhubungan dengan teknik long exposure. Kamu bisa menggunakan teknik ini saat ingin menonjolkan gerakan objek dalam sebuah frame.

Cara menggunakan teknik fotografer estetik ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan kamera pada tripod supaya pengambilan gambar tetap stabil. Selain itu, supaya dapat menciptakan efek blur yang sempurna, kamu harus menempatkan kamera dalam keadaan tegak lurus.

Melalui teknik motion blur, kamu bisa menambahkan kedalaman gambar yang ditangkap, sehingga cocok digunakan pada elemen alam, seperti awan bergerak di latar belakang yang mana membuat gambar terlihat lebih dramatis.

4. Teknik Fotografi High Speed

Teknik fotografer estetik ini berguna saat kamu ingin menangkap objek dengan memanfaatkan kecepatan gerak benda yang sulit dilakukan dengan mata telanjang. Hal itulah yang membuat teknik high speed cukup populer dan banyak digunakan oleh para fotografer.

Contoh pengambilan objek gambar dengan teknik high speed adalah balon air yang dipecahkan untuk mendapatkan efek percikan air.

Teknik fotografer estetik ini biasanya digunakan untuk memotret satwa yang bergerak cepat atau kegiatan olahraga. Sehingga, kamu bisa menangkap momen menarik yang diabadikan dalam sebuah foto estetik.

Itulah beberapa teknik fotografer estetik yang bisa kamu ketahui dengan tepat. Masih banyak teknik fotografi lainnya yang bisa kamu kuasai dan pelajari satu per satu. Jika kamu membutuhkan jasa fotografer terbaik dan terpercaya, maka bisa hubungi Onlyimage, ya. Dijamin, hasilnya pasti memuaskan karena para fotografernya mampu menciptakan sebuah gambar luar biasa estetik.