Teknik Fotografi Model Agar Terlihat Maksimal

Fotografi - Tehnik photo mode ialah tehnik yang semua photografer pantas pelajari. Di mana saja kita ada, sebagai photografer, kita sering dituntut untuk hasilkan photo portrait atau foto seorang secara baik. Dan, pengambilan foto seorang mode yang elok saat ini menjadi hoby untuk banyak photografer saat ini. Berikut 5 panduan yang anda dapat mencoba di sesion pengambilan foto mode selanjutnya, untuk hasilkan sebuah foto yang mengagumkan:

1 - Komposisi

Tentu anda seringkali dengar istilah "rule of thirds", di mana anda memikirkan frame anda dipisah jadi 3 sisi secara vertikal dan horizontal. Lantas titik jumpa dari garis2 itu ialah tempat di mana sebaiknya anda menempatkan "poin of interest" dari photo itu. Untuk pengambilan foto mode, mata si mode sering jadi titik fokal dari photo itu. Karena itu, dengan menempatkan mata mode di garis 1/3 itu, atau di interseksi garis2 itu, karena itu anda akan menolong untuk menunjukkan mata si mode, dan tangkap perhatian dari orang yang nikmati hasil photo anda.

2 - Padukan dengan latar (latar belakang)

Ini yang sering pisahkan seorang photografer pemula sama yang professional dan eksper. Seorang photografer harus sensitif pilih latar belakang untuk pengambilan foto mode. Jangan sampai terobsesi untuk hasilkan bokeh untuk latar mode anda, tetapi cermatlah cari warna atau elemen2 yang dapat menambahkan seni dari photo anda. Contoh photo berikut, memakai harmonisasi dari warna pakaian si mode dan warna gambar bunga pada dinding. Dan, konotasi sepuncuk mawar sangat pas untuk temani seorang mode wanita yang elok.

3 - Bokeh

Berlawanan dengan panduan nomor 2, panduan berikut menyarankan anda untuk cari sebuah latar yang tidak mengusik foto dari si mode. Pisahkanlah mode cukup jauh dengan latar yang ada, dan bukalah diafragma lensa anda. Ini akan hasilkan bokeh yang lebih "creamy" dan soft, supaya si mode betul2 terpisah dari latar belakang dan seperti muncul dari photo anda.

Pada contoh berikut, saya mengincar si mode dari angle yang cukup rendah. Ini saya kerjakan karena ingin tangkap lampu2 dari cafe tempat pengambilan foto yang bergantung di ranting2 pohon. Lampu2 dan kerlap kerlip dari daun akan hasilkan bokeh yang baik menjadi latar.

4 - Permainkan white balance

Dalam sesion pengambilan foto dengan mode ini, kami pilih lokasi dalam suatu cafe yang lampunya warna kuning, dan sisi teras yang disinari oleh sinar matahari. Dengan kombinasi dari suhu sinar yang ada, saya ingin hasilkan sebuah photo yang lebih unik. Saya lalu tempatkan si mode benar-benar dekat sama sinar lampu kuning, dan mengganti setting-an white balance jadi suhu "cloud" atau berawan. Dengan begitu, saya akan menunjukkan kekuningan dari sinar lampu itu, dan latar belakang yang lain yang cuma terkenca sinar matahari bisa menjadi "cold" atau dingin. Suasana hati dari photo berikut berbeda kan?

5 - Gaya dengan tangan

Alangkah nikmatnya bila memfoto seorang mode yang pandai berfoto. Si photografer perlu membidik sekalian si mode ganti2 gaya, dan pada akhirnya memperoleh banyak photo yang memikat. Tetapi, tidak seluruhnya mode dapat berfoto sendirinya, dan pekerjaan seorang photografer yang andal lah untuk menolong si mode untuk berfoto yang menambahkan kecantikan dianya.

Untuk mempelajari tehnik untuk atur gaya mode perlu pengkajian yang lebih kembali, tetapi lakukan panduan ini dan saya percaya photo mode anda akan menjadi lebih menarik. Terkadang photografer tidak memerhatikan tangan dari si mode di saat memfoto close-up. Walau sebenarnya dengan sedikit tambahan tangan mode yang sekadar menggenggam rambutnya atau sentuh pipi nya sedikit bisa menambahkan keanggunan dari photo itu secara berlipat-lipat.

Melakukan eksperimen dengan tone

Panduan berikut lebih berlaku di saat "post processing", atau di saat peng-editan di computer. Ada 1001 jenis tone yang dapat diraih, dengan demikian banyak tehnik dan preset2 yang didapat dari photoshop atau Lightroom. Coba melakukan eksperimen, dan cari tone yang terbaik buat anda. Tone atau warna dari photo anda bisa pisahkan anda dari photografer lain, dan bisa anda menjadikan keunikan anda sediri. Berikut beberapa tone yang saya buat memakai Photoshop. Sedikit peralihan yang saya kerjakan, karena saya lebih sukai tone yang alami. Tetapi anda dapat saksikan, sedikit "tint" dengan warna tertentu bisa mengubah suasana hati dari photo anda.