Trik Lengkap Belajar Desain Grafis Pemula

Belakangan ini pekerjaan di bidang desain grafis banyak diincar pelamar kerja. Menjadi desainer grafis memang terkesan menyenangkan, bukan? Terlebih lagi teknologi semakin berkembang, kebutuhan akan desain grafis pun turut meluas.  Menjadi desainer grafis tidak harus lulusan DKV. Ada trik lengkap belajar desain grafis pemula yang bisa diterapkan siapa saja.

Saat ini sudah banyak bertebaran kursus desain grafis online yang bisa kamu ikuti. Selain itu, kamu juga bisa belajar desain grafis otodidak melalui channel youtube atau bertanya dengan teman yang ahli. Tertarik? Yuk, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.  

Trik Belajar Desain Grafis Pemula

Ada beberapa trik belajar desain grafis bagi pemula, yakni :

Menggunakan Color Palette

Color palette merupakan kumpulan beberapa warna yang telah di-mix and match, sehingga menarik perhatian audiens. Lazimnya, para desainer menggunakan color palette agar menjaga konsistensi desainnya serta identitasnya. Sebaiknya kamu menggunakan Situs web “Adobe Color” yang mempunyai banyak kombinasi warna.  

Memilih Jenis Font Yang Tepat

Pemilihan jenis font menjadi faktor penting bagi desainer pemula. Desain grafis bukan sekadar gambar melainkan ada pesan/ informasi yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan jenis font yang mudah terbaca.

Jika ingin membuat desain yang unik, tetaplah berpegang teguh pada prinsip ini, “Boleh unik asal tetap terbaca dengan jelas”.

Ingat, jenis font tidak bisa asal dipadupadankan sesuka hati. Hindari terlalu banyak menggunakan jenis font yang berbeda, maksimal hanya 3 jenis font dalam satu desain.

Memperhatikan Jarak Dengan Baik

Spasi adalah hal lain yang perlu kamu pertimbangkan pada saat membuat sebuah karya visual. Karena jarak yang kurang tepat dapat mempengaruhi komposisi desain. Ada kalanya ruang kosong tampak bagus, namun terkadang juga membuat sebuah karya terlihat jelek.

Cara yang terbaik untuk ruang kosong adalah menggunakan desain yang minimalis dan fokus pada pesan yang akan disampaikan.

Menggunakan Template Desain Yang Sudah Ada

Saat ini ada banyak software desain grafis online yang bisa kamu akses tanpa berbayar, contohnya Canva. Untuk menghemat waktu, kamu bisa menggunakan template desain yang sudah ada.

Pertimbangkan Psikologi Warna

Apakah kamu pernah mendengar tentang psikologi warna? Ya, warna bisa menjadi faktor yang mempengaruhi sikap manusia. Setiap warna dapat memancarkan gelombang energi yang tidak sama antara satu dengan lainnya.  Sebagai contoh, warna merah akan memunculkan rasa romantis, sementara biru lebih mellow dst.

Sebagai desainer pemula, maka kamu harus memperhatikan kombinasi warna, jika perlu manfaatkan warna-warna yang bisa membangun emosi tenang.

Mulai Dengan Karya Infografis

Infografis saat ini menjadi media beriklan yang cukup familiar. Infografis biasanya berbentuk persegi, horizontal dan dicetak. Tentukan topik yang ingin kamu ulas dan sesuaikan dengan calon target audiens. Setelah itu, kumpulkan beberapa data dan referensi.

Selanjutnya visualisasi kembali hasil data ke infografik. Agar lebih menghemat waktu, gunakan template yang sudah ada dan siap pakai.

Tetap Sederhana

Selanjutnya adalah tetap sederhana. Jadi buatkan karya visual yang minimalis tapi pesan tetap tersampaikan. Beberapa penikmat karya seni, banyak yang menyukai desain minimalis. Dengan demikian, gunakan jenis font serta pilihan warna yang seimbang.

Akhir Kata

Demikianlah tips belajar desain grafis pemula yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa mengikuti kursus desain grafis atau belajar secara otodidak, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jangan lupa gunakan software desain grafis yang mudah, dan aman.