Tutorial Belajar Desain Grafis Photoshop Bagi Pemula

Ingin kursus desain grafis online tapi bingung mulai dari mana? Begini tutorial belajar desain grafis photoshop bagi pemula yang mendetail dan mudah kamu tirukan. Ulasan ini akan mengajarkan step by step belajar basic photoshop dari nol hingga mahir. Mau tahu?

Tutorial Belajar Desain Grafis Photoshop

Pembahasan kali ini adalah langkah awal untuk membuat desain yang kreatif.  Kunci belajar desain grafis  adalah konsisten dan mau mengulangi terus hingga mahir.

Tampilan Pertama Software Photoshop

Langkah pertama dalam belajar edit photoshop adalah mengenali tampilan awal dari Photoshop. Pada saat aplikasi terbuka, pertama kali yang terlihat adalah menu bar pada bagian atas. Di bagian bawah menu tersebut terdapat option bar yang berfungsi mengatur fitur (kaitannya dengan tool).

Selanjutnya, di sebelah kiri terdapat toolbar yang nantinya akan sering kamu gunakan. Sementara di sebelah kanan terdapat panel properties dan juga layer.

Di sisi tengah, terlihat kanvas putih yang merupakan halaman untuk membuat desain baru.

ToolBox Photoshop

Langkah kedua belajar basic photoshop adalah mempelajari penggunaan toolbox. Pada bagian sisi kiri, terdapat banyak sekali tool yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan untuk membuat desain atau memanipulasi gambar.

 Berikut penjelasannya sebagian fungsi tool yang terdapat pada toolbox :

- Move tool, merupakan alat yang dapat kamu gunakan untuk memindahkan foto, teks, shape atau bidang lainnya. Selain itu, move tool juga bisa kamu gunakan untuk memindahkan gambar dari satu tab ke tab lainnya.

- Rectangular Marquee Tool, berfungsi untuk menyeleksi bagian yang berbentuk  kotak.

- Elliptical Marquee Tool, berbeda dengan rectangular marquee tool. Tool ini berfungsi untuk menyeleksi objek yang berbentuk lingkaran atau bulat. Misalnya bola mata, koin atau benda berbentuk lingkaran yang lain.

- Lasso Tool, berfungsi untuk menyeleksi objek yang bentuknya bebas. Dan akan menyesuaikan gerakan mouse.

- Polygonal Lasso Tool, berfungsi untuk menyeleksi bagian benda yang mempunyai sudut sehingga tidak akan memotong background foto.

- Magnetic Lasso Tool, berfungsi untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas. Cara kerjanya adalah menempel di tepian objek saat akan memotong gambar. Alat ini akan membentuk garis-garis penghubung.

- Zoom Tool, sesuai dengan namanya, alat ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil gambar.

- Patch Tool, berfungsi untuk memperbaiki gambar yang rusak, kotor atau memudar warnanya.

- Clone Stamp Tool, merupakan alat yang berguna untuk menggambar image/ foto

- Pattern Stamp Tool,  alat ini dapat kamu gunakan secara langsung pada pola foto yang diambil.

- Background Eraser Tool,  alat ini dapat kamu gunakan langsung pada gambar, jadi akan menghasilkan layer transparant.

Menu Bar

Selanjutnya adalah membuat desain. Saat mulai membuat desain, kamu harus menguasai fitur-fitur yang terdapat dalam menu bar. Salah satu fitur yang ada adalah image adjustment  yang mempunyai fungsi untuk memanipulasi foto. Misalnya mengubah warna, mengatur pencahayaan, kontras hingga menu lainnya.

Selain itu, dalam menu bar juga terdapat filter yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk memberi efek blur. Mempertajam gambar, atau membuat gambar menjadi kartun.

Membuat Sebuah Desain

Setelah memahami fitur-fitur dan tool yang ada di toolbox, saatnya kamu untuk membuat desain. Cari referensi desain yang mudah, kemudian edit gambar sesuai selera kamu.

Kesimpulan

Sekian tutorial belajar desain grafis photoshop yang mungkin akan bermanfaat untuk kamu. Jika masih bingung tentang photoshop, kamu bisa mengikuti kursus photoshop online yang tersedia secara daring atau offline.  Semoga panduan ini mudah dipahami, selamat berkreasi.