Videografi: Pengertian, Tujuan dan 7 Macam Jenisnya

Pada tahun 2022 ini, setiap platform mulai dari media sosial, YouTube, hingga media streaming telah teroptimasi untuk video. Terlebih lagi, kini, 82% dari semua lalu lintas internet diprediksi berasal dari video. Itu sebabnya podcaster, vlogger, atau pembuat konten digital lainnya semakin penasaran untuk belajar videografi.

Membuat konten video berkualitas tinggi adalah keterampilan yang sangat berharga. Kemampuan ini berguna bagi kamu yang mengkhususkan diri dalam pembuatan video branding, menjadi videografer pernikahan, atau membuat video untuk saluran YouTube pribadi.

Oleh karena itu, baca terus untuk belajar panduan praktis tentang videografi!

Apa itu Videografi?

Videografi adalah proses menangkap video secara digital, kemudian mengedit dan memproduksi video tersebut. Videografer menggunakan kamera digital dan perangkat streaming untuk merekam proyek video seperti merekam konser, mendokumentasikan berita, atau streaming podcast atau vlog.

Meskipun terdengar mirip dengan sinematografi, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Terlebih lagi, videografi biasanya mengacu pada proses perekaman acara langsung dan menggunakan rekaman gaya gerilya yang lebih spontan. Sebaliknya, sinematografi biasanya mengacu pada proyek dengan kru film dan skrip. Lebih daripada itu, sinematografi juga biasanya direkam pada stok film daripada pada perangkat digital.

Apa Tujuan Videografi?

Tidak seperti sinematografi, yang melibatkan proyek kompleks dan sangat terencana, tujuan videografi adalah untuk merekam acara langsung. Namun, videografer tidak hanya bertugas untuk merekam saja, tetapi juga memperbaiki pencahayaan dan memasukkan musik dan efek suara.

Seorang sinematografer bekerja dengan kru film yang lebih besar dan mengambil lebih banyak arahan artistik untuk pembuatan film. Sebaliknya, pengertian videografi lebih kepada metode merekam film dari suatu peristiwa secara real-time oleh kru solo.

Apakah Pengeditan Termasuk dalam Aktivitas Videografi?

Meskipun terdengar mirip, videografer tidak sama dengan editor video. Satu-satunya fokus editor video untuk mengkompilasi dan mengedit rekaman mentah menjadi produk jadi. Nah, pekerjaan videografer mungkin meliputi mengedit. Namun, pada dasarnya, videografer bertanggung jawab atas seluruh proses produksi video.

Apa Jenis-Jenis Videografi?

Seperti halnya usaha kreatif lainnya, "jenis" videografi hanya terbatas oleh imajinasi kreator-nya. Oleh karena itu, ada beberapa gaya dan kategori umum yang bisa kamu tengok saat ini. Mari kita lihat beberapa jenis dan contoh videografi modern.

Video Time Lapse

Baik itu kumpulan awan yang bergulir melintasi cakrawala atau bibit yang tumbuh menjadi pohon, video ini menggunakan rekaman yang dipercepat untuk memberikan ilusi waktu bergerak lebih cepat dari biasanya.

Wawancara

Dalam gaya ini, videografer tampil di depan kamera dan mewawancarai subjek mereka. Biasanya, video-video ini berguna untuk siaran langsung ke platform media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Ulasan produk

Konsumen mengandalkan ulasan dari pengguna nyata sebelum membeli produk. Oleh karena itulah, video ulasan produk di YouTube dan media sosial sangat populer.

Tutorial dan Video Produk

Video instruksional singkat ini menunjukkan pengetahuan atau keterampilan. Jadi, perusahaan  atau brand sering menyewa videografer untuk menunjukkan manfaat dan penggunaan produk mereka.

Video promosi

Jenis videografi yang lebih canggih ini menggunakan video untuk menampilkan produk atau layanan. Baik itu dokumenter merek, kampanye pemasaran, atau brand awareness, video ini membantu menyampaikan narasi dan meningkatkan pemahaman tentang brand dan produk atau layanannya.

Videografi Acara

Seperti namanya, video ini merekam acara seperti pernikahan, pesta, video musik, siaran pers, atau upacara. Lebih daripada itu, jenis video ini menjadi salah satu praktik videografi yang populer.

Film dokumenter

Film-film non-fiksi ini mengubah kehidupan nyata menjadi sebuah narasi. Oleh karena itu, butuh videografer dokumenter berpengalaman dalam menemukan kebenaran yang meyakinkan dalam hal-hal yang tampaknya biasa-biasa saja.

Itulah pengertian, tujuan dan beberapa jenis videografi yang dapat kamu pelajari lewat artikel kami. Semoga bermanfaat untuk pemula yang sedang mencoba menjadi videografer handal!